Self-leadership, Apakah Itu?
Leadership Coaching

Self-leadership, Apakah Itu?

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Ketika orang berpikir mengenai kepemimpinan, yang terbayangkan dalam benak mereka adalah sosok individu yang berdiri di depan memberikan komando atau instruksi, layaknya seorang nahkota kapal. Di dunia bisnis, kita bisa menganggap nahkoda itu seorang CEO, sosok yang memiliki peran vital dalam visi strategis perusahaan dan memimpin anak buahnya. Namun, untuk mewujudkan visi ini, dibutuhkan kepercayaan dari anak buah agar bisa mengeksekusi visi tersebut. Dalam hal ini, anak buah sama pentingnya dengan level manajemen lain dalam keberhasilan sebuah organisasi. Itulah mengapa semua karyawan di semua level harus memiliki sikap kepemimpinan yang kuat atas dirinya sendiri.

Apa yang dimaksud dengan self-leadership?

Self-leadership adalah kemampuan untuk memimpin diri sendiri demi mencapai goal dan objektif pribadi seraya membantu perusahaan mencapai kesuksesan. Di dalam self-leadership ada pemahaman yang baik tentang siapa diri kita, apa tujuan kita, dan apa yang bisa kita capai, selain juga mampu mengendalikan emosi dan perilaku dalam perjalanan menuju sukses.

Mengapa self-leadership itu penting?

Self-leadership penting karena hal ini diperlukan untuk membantu Anda menggapai tujuan secara professional dan mampu menjadi pemimpin yang baik bagi sesama rekan lain. Pemimpin yang baik harus memiliki kemampuan memimpin yang ditunjukkan melalui contoh. Dalam bisnis, self-leadership sangat bermanfaat bagi organisasi secara keseluruhan, selain juga bagi diri sendiri. Self-leadership juga membuat pemimpin mampu memberi pengaruh pada orang lain untuk mengambil tindakan agar tujuan organisasi tercapai.

Baca juga Menjadi Pemimpin Tidak Mudah Namun Menyenangkan

Selain untuk membantu Anda meraih goal pribadi dalam perjalanan karir dan hidup, manfaat dari self-leadership di antaranya, yaitu:

1. Membuat Anda menjadi lebih produktif dan efisien

2. Menjadikan Anda lebih bermotivasi dan dapat diandalkan

3. Membangun hubungan komunikasi yang baik dengan rekan kerja

4. Menginspirasi orang lain untuk mengikuti jejak Anda

Menjadikan Anda lebih produktif dan efisien

Perusahaan seringkali mencari kandidat yang memiliki kemampuan self-leadership tinggi karena perusahaan tahu bahwa kemampuan ini akan membantunya untuk mencapai tujuan dengan lebih efisien. Karyawan yang memiliki kemampuan self-leadership tinggi bisa mengelola waktu dengan efektif dan mampu mengatur pekerjaannya dengan baik, sehingga perusahaan bisa mendapat manfaat dari hasil kerja yang berkualitas dan produktif.

Menjadikan Anda lebih bermotivasi dan dapat diandalkan

Salah satu manfaat besar dari self-leadership adalah Anda akan terus termotivasi dan dapat diandalkan dalam setiap tindakan yang diperlukan. Memiliki rasa motivasi yang kuat akan membuat Anda mampu menghadapi tantangan sehingga Anda bisa meraih lebih dari yang diharapkan sebelumnya. Menjadi orang yang bisa diandalkan oleh orang lain membutuhkan kejujuran saat Anda mendapat kesempatan untuk belajar dan mengambangkan keahlian baru.

Membangun hubungan komunikasi yang baik

Memiliki kemampuan self-leadership yang bagus akan membantu Anda membangun hubungan komunikasi yang baik dengan rekan kerja, atasan dan manajer karena mereka akan menghargai dedikasi dan etos kerja Anda. Rekan kerja akan memandang Anda sebagai orang yang bisa diandalkan untuk menyelesaikan tugas-tugas dan proyek bersama, sedangkan para atasan dan manajer akan menghargai kemampuan Anda untuk bekerja produktif tanpa harus diberi instruksi terlebih dahulu.

Menginspirasi orang lain

Setiap pemimpin besar harus memiliki kemampuan untuk memimpin tim melalui contoh dan teladan. Artinya, kepemimpinan yang besar dimulai dengan self-leadership. Jika Anda ada dalam posisi memimpin maka penting bagi Anda untuk bisa membuat rencana dan prioritas akan tugas-tugas sendiri dan tetap berdedikasi untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Jika Anda tidak sedang dalam posisi memimpin sekalipun, menunjukkan self-leadership yang kuat akan memberikan pengaruh positif yang bisa mendorong sesama rekan kerja untuk bekerja lebih proaktif dan produktif.

Maksimalkan potensi kepemimpinan Anda dengan bantuan Leadership Coach kami.

Related Posts