Strategi Terbaik Meningkatkan Sales dari Laptop Anda
Sales Coaching

Strategi Terbaik Meningkatkan Sales dari Laptop Anda

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Tahun 2020 menjadi titik penting dimana nyaris semua pekerjaan dikerjakan secara jarak jauh atau disebut dengan remote working. Situasi dan kondisi berbagai aspek kehidupan berubah 180 derajat dimana semua kegiatan harus dibatasi dan dijaga jaraknya.

Bekerja di kantor tidak lagi menjadi keharusan akibat global pandemik yang memaksa semua kegiatan harus dikerjakan dari rumah. Semua ruang kehidupan mendapatkan dampaknya termasuk ruang ekonomi secara global. Karyawan harus bisa memaksimalkan kinerjanya secara online, dan kemajuan teknologi sangat membantu memfasilitasi semua adaptasi kegiatan ke hal baru.

Bagaimana dengan sales? Apakah seorang sales bisa meningkatkan kinerjanya dan meraih pencapaian yang sama atau bahkan lebih, seperti ketika bekerja dari kantor. Tentu saja bisa. Dilengkapi dengan instrumen pendukung seperti akun video conference, smartphone, koneksi internet yang memadai, dan ruang kerja yang diseting sama seperti ruang kerja di kantor.  Kemajuan teknologi seperti teknologi AI (Artificial Intelligent) sangat membantu kelancaran pekerjaan seorang sales.

Baca juga 6 Kesalahan Komunikasi Yang Harus Dihindari Oleh Sales Representative

Pencapaian tim sales bekerja dengan jarak jauh tentu saja harus didukung oleh pemahaman yang baik dari para pimpinan organisasi bagaimana mereka bisa memfasilitasi timnya agar bisa bekerja baik dan memastikan mereka tetap mendapatkan pengalaman kerja yang produktif.

Di bawah ini strategi yang bisa diterapkan oleh sales untuk meningkatkan konversi sales meskipun harus bekerja dengan jarak jauh:

1. Siapkan demo produk

Sales bisa memanfaatkan demo produk yang dibuat secara kolaboratif oleh seluruh tim dengan tujuan menarik prospek secara online. Untuk membuat demo produk ini tentu saja tidak daat dikerjakan sendirian, tetapi harus melalui kerjasama berbagai divisi terkait, misalnya tim riset memberikan insight lalu tim produksi membuat demonya, dan tim desain menyelesaikan desain visual untuk menjadi sebuah demo yang menarik, profesional dan jujur.

2. Efektifitas sales

Biasanya, tim sales selalu melakukan pertemuan rutin secara fisik untuk berdiskusi tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan calon customer melalui telepon, metode mana yang bakal berjalan atau tidak, dan menerima kritikan untuk lebih berkembang. Dengan adanya jarak dan tidak adanya pertemuan secara fisik maka tim sales bisa memanfaatkan platform teknologi yang menyokong semua kegiatan itu termasuk menganalisa dengan teknologi analitik. Layanan teknologi seperti ini akan menjadi solusi yang membuat anggota sales mengalami inkonsistensi dan mengalami kesulitan orientasi pekerjaan.

3. Satu ketukan tiga pintu terbuka

Jika memiliki dana yang cukup maka tim bisa memanfaatkan layanan satu solusi untuk berbagai keperluan dimana semua kegiatan terpusat di satu platform dan menguntungkan tim berbeda dalam satu organisasi. Jika di awal membutuhkan dana besar, sebenarnya cara ini terbilang efektif karena bisa digunakan dalam jangka waktu panjang.

Sebagai tambahan, kemajuan teknologi memungkinkan sales lebih bisa fokus pada tugas yang memerlukan sentuhan manusia karena tugas lain bisa dikerjakan dengan bantuan kecerdasan mesin. Dengan begitu sales juga bisa mengurangi stres dan lebih bisa belajar untuk mengembangkan performa kerja mereka.

Optimalkan penjualan produk dan layanan Anda dengan bantuan Sales Coach kami.

Related Posts