Wellness Coaching

5 Praktik Mindfulness Sederhana di Keseharian

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach
5 Praktik Mindfulness Sederhana di Keseharian

Praktik mindfulness dapat meningkatkan performa Anda dalam pekerjaan dan keseharian. Tak hanya itu, energi positif dari praktik mindfulness bisa meningkatkan konsentrasi dan mengurangi stress, juga penting untuk perkembangan kecerdasan emosional. Dengan latihan yang teratur dan berkelanjutan maka praktik mindfulness ini bisa menjadi sebuah kebiasaan yang baik bagi setiap orang.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan mindfulness? Mungkin setiap orang sering mendengar istilah ini, namun berbeda degan meditasi dan relaksasi, mungkin hanya sedikit yang tahu banyak tentang mindfulness ini. Secara garis besar mindfulness adalah menumbuhkan kesadaran tentang keadaan saat ini, fokus yang terpusat pada setiap moment yang Anda jalani.

Mindfulness tidak sama seperti pelajaran akademik yang diajarkan oleh guru-guru Anda dahulu, tapi ada beberapa tekniknya yang tanpa disadari pernah kita lakukan. Hal baiknya, ada banyak cara untuk melatih mindfulness dan tidak menghabiskan banyak waktu. Malah bisa disesuaikan dengan kegiatan Anda sehari-hari. Yes, mindfulness bisa dilatih secara berkesinambungan seiring dengan rutinitas Anda.

Ada tiga elemen dalam mindfulness yang bisa membantu Anda berlatih yaitu pikiran, emosi, dan tubuh. Memahami ketiga elemen ini membuat latihan mindfulness terasa lebih mudah dan sederhana. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melakukan praktik mindfulness sederhana dalam keseharian Anda.

1. Bangun pagi

Mulailah hari Anda dengan menyadari bagaimana Anda bernapas dan berpikir saat ini. Ada banyak cara berbeda untuk mencapai kesadaran ini bagi setiap individu berbeda. Cara terbaik adalah segera setelah Anda terbangun lalu hening, bernapas, menyadari pikiran, emosi dan perasaan Anda, setelah itu mulailah hari dengan semangat. Latihan sederhana ini akan memastikan Anda selalu menyertakan mindfulness dalam seluruh kegiatan hari ini.

2. Menciptakan sudut tenang

Tempat yang Anda pilih adalah istimewa jadi buatlah tempat tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Bisa saja hanya berupa kursi yang nyaman, pemandangan di luar jendela yang menyenangkan dan hijau atau duduk di bawah pohon favorit Anda tidak menjadi masalah. Yang terpenting adalah Anda bisa menetapkan tempat tersebut sebagai tempat dimana Anda merasa mindful. Jangan lakukan kegiatan lain di tempat yang sudah Anda tandai kecuali latihan mindfulness. Semakin sering Anda melakukannya di tempat itu maka latihan akan menjadi lebih mudah dan Anda akan otomatis mengasosiasikan tempat itu dengan ketenangan dan mindfulness.

3. Fokus pada transisi

Anda mungkin punya sudut tenang untuk berlatih mindfulness tapi Anda tidk bisa berada di tempat itu seharian, bukan? Akan lebih mudah berlatih mindfulness jika Anda bergerak. Setiap kali Anda berpindah dari luar ke dalam, perhatikan perubahan yang terjadi seperti temperature udara, suara, dan aroma. Cara seperti ini akan membawa Anda ke kesadaran saat ini.

4. Meluaskan pengetahuan

Biasanya, disarankan saat melakukan latihan mindfulness Anda harus mematikan perangkat elektronik atau gawai tetapi rasanya hal tersebut tidak memungkinkan di zaman sekarang ini. Ada banyak pilihan aplikasi mindfulness yang bisa membantu Anda berlatih. Aplikasi ini menawarkan panduan untuk bermeditasi, menelusuri perjalanan diri, pemeriksaan emosional dan program lain yang cukup membantu latihan Anda.

5. Mendengarkan musik

Rasanya cara ini sangat bisa dilakukan namun ketika Anda secara sadar mendengarkan musik yang dimainkan maka Anda bisa meraih kesadaran saat ini. Pilihlah music yang belum pernah Anda dengarkan sebelumnya, pejamkan mata dan biarkan diri Anda hanyut terbawa melodi musk tersebut. Jika fokus Anda berkeliaran maka usahakan untuk memusatkan kembali perhatian pada music.

Related Posts