10 Skills di Era Revolusi Industri 4.0
Career Coaching

10 Skills di Era Revolusi Industri 4.0

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Era industry 4.0 akan ditandai dengan kecepatan perubahan yang memukau berbarengan dengan kemajuan teknologi digital, fisik dan biologi. Industry di dunia berevolusi untuk meraih masa depan dan menumbuhkan milyaran pembaruan ekonomi global termasuk genomika, artificial intelligence dan virtual reality.

Ketika menatap maa depan muncul pertanyaan, apa keahlian yang dibutuhkan untuk menghadapi dunia baru yang lebih berani nanti? World Economic Forum telah merilis 10 keahlian yang dibutuhkan di tahun 2020, jadi bersiaplah dan lihat keahlian seperti apa yang diharapkan di masa depan nanti.

1. Fleksibilitas kognitif

Fleksibilitas kognitif adalah tentang kekuatan mental. Dengan mempelajari hal baru dan berpikir dengan sudut pandang baru maka kita akan bisa meraih fleksibilitas kognitif itu. Jika Anda tidak termasuk kategori kreatif maka pelajarilah instrument kreatifitas itu, misalny abelajar tari hip-hop atau belajar melukis di kelas seni.  Meluaskan wawasan, ketertarikan, banyak membaca hal lain di luar zona nyaman Anda, dan merangkul orang yang menantang pandangan Anda, maka karir dan otak akan ikut berkembang pesat.

2. Negosiasi

Keahlian sosial akan lebih diperlukan ketika di masa depan banyak pekerjaan yang bisa dilakukan oleh robot. Kenapa? Karena manusia memiliki kemampuan lebih baik dalam interaksi sosial dan negosiasi dibandingkan robot (untuk sementara ini seperti itu). Bahkan orang yang bekerja di bidang teknis akan diminta untuk menunjukkan keahlian interpersonal dan bisa bernegosiasi dengan rekan kerja, manajer, klien, dan tim untuk kemajuan organisasi.

3. Orientasi pelayanan

Orientasi pelayanan ini didefinisikan sebagai kemampuan untuk aktif membantu orang lain. Memiliki kemampuan kuat dalam pelayanan akan menjadi sangat penting bagi konsumen dan bisa mengantisipasi kebutuhan konsumen di masa depan. Seperti yang disebutkan dalam laporan World Economic Forum, bisnis di bidang energi, pelayanan keuangan dan industry IT akan bertemu muka dengan pertimbangan pelanggan terkait isu karbon, keamanan makanan, standar pekerja dan privasi.

Baca juga Job Title Tak Lagi Penting, Kenapa?

Sedangkan dari sisi perspektif, hal itu berarti bahwa bisnis harus belajar cepat mengantisipasi nilai pelanggan yang baru, menerjemahkannya kedalam penawaran produk dan menjadi informatif tentang proses yang terlibat untuk memenuhi tuntutan pasar.

4. Penilaian dan pembuatan keputusan

Bagaimana Anda bisa dengan cepat meningkatkan kemampuan membuat keputusan? Mulailah dengan membuat diri Anda nyaman dengan data. Pertama, buatlah gambaran pertanyaan atau permasalahan apa yang akan Anda jawab, lalu luangkan waktu untuk mengeksplorasi data menggunakan teknologi pengumpulan informasi. Jika Anda sudah bisa melakukan dua hal tersebut maka Anda akan berteman baik dengan Excel, lalu belajarlah memanipulasi data dan gunakan dengan bijak.

5. Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional artinya memberikan informasi ke otak untuk setiap interaksi yang kita lakukan. Kecerdasan emosional ini memengaruhi bagaimana Anda mengelola sikap, menavigasikan kompleksitas sosial, dan membuat keputusan pribadi untuk meraih hasil positif. Kecerdasan emosional adalah kemampuan sosial yang penting dan dibutuhkan oleh pemimpin atau manajer.

6. Koordinasi dengan orang lain

Kolaborasi merupakan hal krusial dalam berbagai lingkungan kerja dan untuk hal inilah manusia harus bersyukur bahwa manusia masih lebih baik daripada robot. Interaksi manusia di lingkungan kerja melibatkan produktifitas tim, dimana setiap orang mengukur kekuatannya sendiri dan beradaptasi secara fleksibel terhadap perubahan. Interaksi non rutin akan menjadi jantung interaksi dan merupakan kelebihan manusia daripada robot.  Koordinasi dengan orang lain melibatkan kemampuan berkomunikasi yang kuat, dan kesadaran akan kekuatan dan kelemahan orang lain, dan bisa bekerja dengan berbagai kepribadian berbeda.

7. Manajemen personel

Terlepas dari banyak pekerjaan diotomatisasi dan bagaimana artificial intelligence menjadi sangat maju, karyawan tetaplah merupakan asset perusahaan yang paling bernilai. Manusia itu lebih kreatif, lebih bisa membaca satu sama lain, dan bisa saling mendukung atas ide atau energi orang lain. Namun menjadi manusia juga berarti kita bisa sakit, kurang termotivasi, atau terdistraksi oleh hal lain.

Jadi penting bagi para pemimpin atau manajer untuk tahu bagaimana memotivasi tim dan memaksimalkan produktifitas dan merespon kebutuhan setiap anggota tim dengan baik. Menjadi manajer yang baik akan banyak berhadapan dengan kecerdasan emosional, tahu cara bernegosiasi, dan mengembangkan gaya manajerial sendiri.

8. Kreatifitas

Alex Gray, di World Economic Forum, menjelaskan bahwa robot akan membantu kita meraih tujuan dengan lebih cepat, namun robot tidak bisa kreatif seperti manusia. Kreatifitas diprediksi akan menjadi keahlian kunci di masa depan. Jadi, sebelum Anda menyebut diri Anda sebagai orang yang tidak kreatif, ingatlah bahwa kreatifitas bukan merupakan domai ekslusif pekerja seni seperti musisi atau seniman. Jika Anda bisa menyambungkan setiap titik dalam satu hamparan, dan menyatukan semua ide atau gagasan untuk menghadirkan sesuatu yang baru, maka Anda adalah orang yang kreatif.

9. Berpikir kritis

Berpikir kritis masih menjadi keahlian yang bernilai di masa depan dimana keahlian ini melibatkan logika dan alasan. Berpikir kritis artinya bisa menggunakan logika dan alasan untuk menginterogasi sebuah isu atau masalah, mempertimbangkan berbagai solusi yang bisa menangani masalah tersebut, juga mengukur pro dan kontra dari setiap pendekatan.

10. Pemecahan masalah kompleks

Daftar keahlian yang paling dibutuhkan di masa depan adalah kemampuan untuk memecahkan masalah secara kompleks. Keahlian ini disebutkan World Economic Forum sebagai kapasitas untuk pemecahan masalah rumit dan kompleks yang terjadi di dalam kehidupan nyata. Artinya, keahlian ini adalah tentang kelenturan mental untuk memecahkan masalah yang belum pernah dilihat sebelumnya dan bisa memecahkan masalah dalam ruang yang berubah dengan kecepatan yang semakin kompleks setiap menitnya.

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami. 

Related Posts