3 Sumber Kebahagiaan Yang Tak Pernah Pudar
Self-Growth Coaching

3 Sumber Kebahagiaan Yang Tak Pernah Pudar

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Bagi setiap individu, penting sekali bisa menemukan sumber kebahagiaan dalam hidup yang tidak tergantung pada orang lain atau terlepas dari kebendaan. Karena Anda tidak bisa selalu tergantung pada seseorang atau suatu benda yang tidak selalu hadir setiap waktu. Jadi, jika kebahagiaan Anda tergantung pada dua hal itu, maka kebahagiaan kita akan mudah terlepas. Tentu hal seperti itu tidak kita inginkan.

Seseorang datang dan pergi. Mungkin kita tidak akan bareng terus dengan orang yang sama selama 10 tahun ke depan. Hubungan antar manusia itu selalu mengalami perubahan, orang berubah, orang berganti pekerjaan, orang meninggalkan kita selamanya, atau kita kehilangan kontak dengan seseorang dalam jangka waktu lama dan tidak pernah tahu lagi keberadaannya sampai sekarang. Perubahan seperti itu harus kita terima dan memang begitu adanya.

Sama halnya dengan benda atau barang. Barang baru akan menggantikan yang lama. Telepon seluler kita akan berganti teknologi dengan yang lebih canggih. Computer di rumah menjadi lama menyala dan malah tidak mau lagi menyala. Manusia kehilangan banyak benda. Anda lupa banyak hal. Anda senang sekali ketika memiliki barang baru namun kesenangan itu tidak bertahan lama dan akan pudar secara perlahan.

Baca juga Mengapa Tidak Bahagia Mengejar Kesempurnaan?

Ketika kebahagiaan tergantung pada hal-hal yang mengalami perubahan maka kita akan mudah juga mengalami naik turun dalam hidup ini. Itulah sebabnya, kita harus bisa mengenali dan memiliki sumber kebahagiaan yang tidak tergantung pada siapapun atau benda apapun melainkan pada diri sendiri.

Berikut 3 sumber kebahagiaan yang berasal dari diri sendiri

1. Penghargaan

Penghargaan disini maksudnya adalah menghargai sesuatu. Alih-alih berkeluh kesah atau menolak, maka menghargai adalah sumber kebahagiaan sesungguhnya. Sikap menghargai adalah pola pikir, cara memandang dunia dari sudut berbeda. Menghargai adalah sikap dimana individu bisa melihat kebaikan dari berbagai sisi kehidupan, termasuk bersyukur, mengekspresikan rasa terima kasih pada seseorang yang berarti bagi diri kita, melihat sisi baik dari sebuah masalah, menemukan alasan untuk bergembira, juga mempunyai waktu untuk bisa menikmati hidup apa adanya.

Pola pikir seperti ini memiliki kekuatan istimewa yang bisa menjadi penyembuh bagi emosi negative seperti iri hati, ketersinggungan, penolakan, atau kekhawatiran. Mereka yang bisa bersyukur dan menghargai hidup akan menjadi sosok yang percaya diri, penuh energi, dan lebih bahagia.

2. Kualitas diri

Kualitas diri disini artinya adalah mengembangkan kualitas internal diri seperti kasih sayang dan kebaikan sebagai sumber kebahagiaan yang tiada berujung. Mereka yang mengejar tujuan eksternal seperti kekayaan, menginginkan rumah besar, atau jabatan tidak bisa melihat sumber kebahagiaan yang sesungguhnya. Sumber bahagia yang sebenarnya tidak perlu dicari namun bisa disadari, dipahami, dan dipelihara agar terus menerus mengalirkan rasa bahagia.

Becoming who you are berkaitan dengan melihat ke dalam diri dan bisa menggunakan talenta yang dimiliki untuk menjadi individu yang lebih berkualitas. Mereka yang bisa mengembangkan nilai dalam dirinya lebih bisa berbahagia dibandingkan mereka yang hanya mengejar tujuan eksternal saja.

3. Cinta kasih

Rasa cinta kasih adalah tentang mengembangkan kualitas hubungan kita dengan sesame manusia. Jelas sekali bahwa orang paling bahagia di dunia ini adalah mereka yang memiliki hubungan istimewa dengan orang lain.hal ini tidak begitu mengejutkan. Karena pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan hubungan dengan orang lain dan juga membutuhkan cinta kasih.

Masyarakat yang lebih menekankan nilai kebersamaan dan hubungan antar personal adalah masyarakat yang lebih berbahagia dibandingkan mereka yang menekankan pencapaian hidup dan menjadi yang terdepan. Contohnya adalah masyarakat Denmark dan Jepang, kentara sekali bedanya.

Orang yang mengedepankan cinta kasih bisa membangun hubungan baik dengan teman, keluarga atau siapapun. Mereka lebih banyak memberi daripada menerima. Mereka berpikiran positif, saling membantu dan menyebarkan aksi kebaikan setiap waktu. Jadi, tidak ada yang lebih penting dari kebahagiaan yang muncul dari dalam diri sendiri.

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami. 

Related Posts