5 Cara Memantau Aktivitas Online Anak yang Aman
Parenting Coaching

5 Cara Memantau Aktivitas Online Anak yang Aman

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Mengawasi kegiatan daring anak-anak sepertinya terlihat menggangu namun menurut riset para ahli, anak-anak akan mengubah kebiasaan dan perilaku aktifitas daringnya ketika orangtua mengawasi mereka. Pengawasan aktifitas daring anak-anak adalah penting bagi orangtua karena bagaimanapun orangtua harus tahu apa yang dilakukan oleh anak-anak di dunia digital.

Mengingat banyaknya predator seksual, perundungan daring dan bahaya internet yang mengancam kehadiran anak-anak secara online harus menjadi perhatian orangtua. Tentunya Anda tidak ingin anak-anak menjadi target kekerasan secara daring.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mengawasi kegiatan daring anak-anak, sebagai berikut:

1. Gunakan aplikasi yang sama dengan aplikasi yang dipakai oleh anak-anak

Cara terbaik memahami kegiatan daring anak-anak adalah dengan menggunakan aplikasi sama dengan yang mereka gunakan. Cara ini akan memberi Anda pencerahan tentang aplikasi tersebut dan konten apa yang dilihat oleh anak-anak. Anda juga akan tahu bahaya di balik aplikasi itu sehingga bisa menjadi perhatian untuk diberitahukan pada anak-anak.

2. Cari tahu tentang aplikasi yang digunakan anak-anak di mesin pencari Google

Setelah mengunduh aplikasi yang sama maka lakukan pencarian tentang aplikasi tersebut melalui mesin pencari Google. Ketikkan kata kunci seperti risiko aplikasi, review, kebijakan dan cara penggunaannya. Kata kunci seperti ini akan memberi Anda banyak informasi penting mengenai sebuah aplikasi.

Baca juga Mengatasi Tantangan Membesarkan Anak Millennial

3. Bicarakan secara teratur tentang keamanan daring pada anak

Ajak bicara anak Anda tentang apa yang mereka tonton atau baca secara daring. Lakukan secara teratur dan berkala agar anak terus menerus diingatkan mengenai keamanan beraktifitas daring ini. Mengapa harus dilakukan secara teratur? Karena satu percakapan saja tidaklah cukup. Ajak anak-anak ngobrol tentang tren terbaru di internet untuk menunjukkan bahwa orangtua juga tahu informasi terbaru di dunia daring.

4. Menetapkan aturan pemakaian internet

Ada banyak ketentuan media sosial di internet yang bisa digunakan oleh orangtua untuk menetapkan Batasan dalam penggunaan internet bagi anak-anak. Ketentuan ini memberikan panduan yang harus diikuti oleh anak-anak saat menggunakan aplikasi tertentu. Ketentuan ini juga sebagai pengingat bagi anak-anak untuk mengikuti aturan yang telah disepakati oleh orangtua dan mereka.

5. Pengawasan berdasarkan usia dan kendali orangtua

Setiap usia memerlukan level pengawasan yang berbeda, namun ada beberapa hal penting yang diberlakukan sama terlepas usia anak-anak Anda sekarang. Misalnya, semua computer atau laptop harus digunakan di ruangan tengah dan hand phone tidak diperbolehkan disimpan di kamar tidur di jam-jam tertentu. Orangtua juga bisa sesekali melakukan pemeriksaan perangkat yang digunakan oleh anak-anak.

Cara lain mengawasi kegiatan daring anak-anak adalah dengan menggunakan aplikasi pengawasan orangtua. Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa Anda gunakan meskipun tidak ada aplikasi yang sempurna karena masing-masing aplikasi menawarkan layanan berbeda tentang apa yang diawasi dan pengaturan seperti apa yang disediakan bagi orangtua.

Meskipun Anda memilih untuk menggunakan aplikasi pengawasan orangtua, tetap penting bagi Anda untuk mengikuti perkembangan tren internet terbaru agar Anda bisa tahu lebih banyak tentang kegiatan daring anak-anak.

Memang tidak mudah mengawasi kegiatan daring anak-anak karena mereka juga terkadang cukup pintar menyembuyikan hal-hal tertentu di hand phone yang digunakan. Namun, dengan pengawasan yang baik maka anak-anak akan sulit menyembunyikan sesuatu dari Anda. Dengan menunjukkan bahwa Anda mengawasi kegiatan mereka, anak-anak akan makin berhati-hati membagikan sebuah informasi di internet dan cara ini akan membuat mereka lebih aman dari ancaman berbahaya.

Bangun keharmonisan hubungan orang tua dan anak dengan bantuan Parenting Coach kami. 

Related Posts