Membangun Personal Brand yang "Genuine"
Self-Growth Coaching

Membangun Personal Brand yang "Genuine"

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Apakah Anda membutuhkan personal brand? Sejujurnya, suka atau tidak setiap orang memiliki personal brand yaitu kesan yang ditimbulkan oleh Anda dikombinasikan dengan reputasi yang tercipta di masyarakat. Inilah cara sederhana Anda menunjukkan diri pada dunia dan dampaknya setelah Anda tiada.

Namun begitu banyak juga orang yang tidak memberi perhatian pada brandnya sendiri. Orang berperilaku sesuai dengan yang diinginkan tanpa memperhatikan dampak yang timbul bagi orang lain darinya. Tapi mereka yang tidak memperhatikan personal brand dirinya juga sering bertanya-tanya kenapa mereka tidak dihargai seperti seharusnya oleh orang lain, atau kenapa mereka tidak mendapatkan peluang dan kesempatan mencapai impian seperti orang lain.

Membangun dan mengembangkan personal brand secara proaktif bisa menarik peluang yang tepat untuk alasan yang benar. Anda akan menyadari dengan segera ketika ada penurunan kualitas personal brand. Jika Anda tidak proaktif maka orang lain yang akan membangun personal brand Anda terlepas dari Anda menyetujuinya atau tidak.

Jangan biarkan dunia yang menentukan persepsi tentang Anda karena yang harus mengendalikan reputasi dan perjalanan hidup adalah Anda sendiri. Berikut adalah panduan bagaimana membangun personal brand yang ‘genuine’ melalui tiga pilar utama personal branding, yaitu:

1. Otentik

Sekeras apapun mencoba namun Anda tidak dapat menghindari proyeksi dari diri Anda yang sebenarnya. Mungkin ada orang yang memboddhi diri sendiri dengan berpikir bahwa orang lain akan melihat diri mereka secara berbeda, namun pada akhirnya kebenaran akan muncul di permukaan. Membangun personal brand harus dengan jujur yaitu mengakui siapa diri Anda seadanya melalui konsistensi nilai-nilai pribadi, keterampilan, dan sejarah Anda.

Baca juga Mengapa Anda harus Gagal?

Menyadari kepribadian sendiri adalah sangat penting namun jika Anda merasa ada sesuatu yang tidak dapat dipahami, maka Anda bisa menuliskan daftar hal-hal yang menggambarkan siapa Anda seperti di bawah ini:

- Cobalah untuk makan siang bersama lima orang teman yang paling kenal diri Anda.

- Minta mereka untuk melakukan hal sama tentang diri Anda.

- Bandingkan daftarnya dan lihat apakah ada kesamaan di antara daftar tersebut.

Perbedaan yang muncul dari daftar tersebut akan memberikan gambaran perbedaan pandangan Anda dengan orang lain tentang diri Anda sendiri. Cobalah untuk melakukan hal sama dengan beberapa orang berbeda untuk mendapatkan kesamaan pandangan.

2. Konsisten

Antara ucapan dan perbuatan tentunya harus konsisten. Personal brand Anda akan tercederai ketika Anda tidak konsisten, misalnya jika Anda mengatakan pada orang lain bahwa Anda adalah orang yang tepat waktu namun pada kenyataannya Anda selalu datang terlambat maka hal ini akan melukai hati orang lain dan orang akan memandang Anda sebagai orang yang munafik.

Buatlah keputusan untuk sesuatu yang benar-benar penting bagi diri kesan Anda dan upayakan untuk sinkron antara ucapan dan perbuatan. Jika tidak dapat memenuhi standar yang Anda ciptakan sendiri maka ubahlah standar tersebut lalu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Harmonis

Kemungkinan besar Anda pernah melihat orang yang mengalami disonansi dimana hidup yang dijalani tidak cocok dengan tujuan mereka. Setiap kegiatan yang dilakukan tidak sejalan dan tertuju pada tujuan yang ditetapkan. Semua pilihan waktu dan gaya hidup mereka seakan mengganggu kebahagiaan dan jalan mereka menuju sukses. Beberapa bahkan terlihat kacau, dan itu semua menjadi personal brand mereka.

Orang dengan personal brand yang kuat akan membuat keputusan bagus tentang waktu, kegiatan dan orang-orang di sekitar mereka. Berinteraksilah dengan baik termasuk memilih berada di antara orang-orang yang bisa mendukung dan meningkatkan kualitas hidup Anda. Gunakan keahlian yang Anda miliki untuk mendukung reputasi baik yang akan membawa Anda meraih masa depan gemilang yang sesuai harapan.

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami. 

Related Posts