Langkah-Langkah Meditasi Sederhana
Wellness Coaching

Langkah-Langkah Meditasi Sederhana

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Dalam latihan mindefulness, kita mempelajari cara kembali dan tetap berada di keadaan saat ini -melabuhkan diri di keadaan yang sedang kita jalani sekarang, tanpa penilaian. Mindfulness sendiri adalah suatu keadaan mental dimana seseorang fokus dengan penuh kesadaran pada kondisi saat ini seraya merasakan dan menerima dengan tenang perasaan, pemikiran, dan sensasi tubuhnya.

Meditasi merupakan latihan untuk melabuhkan diri pada kesadaran namun meditasi bukanlah sejenis obat untuk menyembuhkan penyakit. Terkadang yang kita butuhkan dalam hidup ini adalah mendapat pilihan yang lebih baik untuk kita sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar. Hal terpenting yang bisa membuat Anda bisa berlatih meditasi adalah sedikit kesabaran, kebaikan untuk diri sendiri, dan tempat nyaman untuk mencapai hening.

Gagasan di balik pencapaian mindfulness cukup sederhana yaitu latihan dengan sedikit kesabaran. Mungkin tidak mudah berkonsentrasi atau fokus di saat pertama kali mencoba berlatih meditasi. Dalam beberapa detik mungkin bisa fokus namun tak lama pikiran Anda bisa teralihkan dengan mudah oleh hal lain. Lalu harus mencapai berapa lama hingga pikiran Anda bisa fokus dan merasakan ketenangan?

Bagaimana cara berlatih meditasi?

Dalam meditasi Anda mempelajari bagaimana memperhatikan dengan penuh kesadaran napas yang masuk dan keluar, dan bagaimana pikiran bisa berkelana hanya dengan cara seperti itu. Ketika bernapas dengan penuh kesadaran maka kita belajar untuk kembali dan tetap berada di momen saat ini. Sebelum mencobanya sendiri, ada beberapa alasan untuk melakukan meditasi:

1. Memahami rasa sakit

2. Mengurangi kadar stress

3. Terhubung lebih baik dengan semesta

4. Meningkatkan konsentrasi dan fokus

5. Mengurangi suara-suara yang muncul di dalam kepala

Baca juga Manfaat Yoga bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Berikut langkah-langkah meditasi sederhana yang bisa Anda coba ikuti dan latih di rumah. Pastikan Anda berada di suatu tempat yang membuat nyaman saat melakukan proses ini, atur waktu, dan silakan dicoba.

1. Duduk dengan nyaman

Carilah tempat dimana Anda bisa duduk dengan tenang dan nyaman tanpa banyak suara di sekitar.

2. Atur waktu

Jika Anda termasuk pemula maka aturlah waktu yang singkat, misalnya Anda bisa mencoba dengan 10 menit.

3. Perhatikan tubuh Anda

Anda bisa duduk di kursi dengan kaki menyentuh lantai atau duduk dengan kaki menyilang atau duduk bersimpuh, tidak menjadi masalah. Pastikan tubuh Anda dalam kondisi stabil dan berada di posisi yang membuat nyaman selama beberapa saat.

4. Rasakan napas Anda

Di momen seperti ini cobalah untuk merasakan dan mengikuti sensasinya saat Anda menarik dan membuang napas Anda.

5. Menyadari pikiran

Perhatian Anda akan teralihkan dari kesadaran menarik napas dan tidak dapat dihindari bahwa pikiran Anda akan berkelana. Ketika menyadari pikiran Anda berkelana dengan bebas maka segeralah kembalikan perhatian Anda pada tarikan napas.

6. Berbaik hati pada pikiran

Jangan menghakimi diri sendiri atau kesal pada pemikiran Anda yang berkelana tak terkendali saat meditasi. Alihkan segera perhatian pada napas begitu Anda menyadarinya.

7. Selesaikan dengan kebaikan

Saat sudah siap, bukalah mata perlahan (jika Anda bermeditasi dengan mata terpejam). Diam selama beberapa saat dan perhatikan suara-suara yang terdengar di sekitar Anda. Perhatikan rasa tubuh juga pikiran dan emosi Anda sekarang.

Itulah langkah-langkah mudah berlatih meditasi. Awal mencoba mungkin Anda akan kesulitan namun seperti yang disebutkan tadi, meditasi itu membutuhkan kesabaran. Maka berlatihlah secara berkelanjutan dengan penuh kesadaran dan kebaikan maka manfaatnya akan Anda rasakan sendiri.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts