5 Taktik Perubahan Karir di Masa Pandemi
Career Coaching

5 Taktik Perubahan Karir di Masa Pandemi

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Kita sudah memasuki pertengahan tahun 2021 dan kita semua tahu pandemi ini belum berakhir. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan banyak profesional mempertimbangkan untuk mengubah jalur karirnya. Banyak orang yang mencari peluang kerja baru atau mempertimbangkan untuk pindah kerja ketika ada perusahaan lain yang mendekati.

Banyak orang tak lagi berada di jalur karir yang sama sejak pandemi ini berkuasa. Mulai dari perubahan kecil seperti bekerja dari rumah, mempelajari keahlian baru, hingga perubahan besar seperti berganti karir seluruhnya. Pandemi telah mengubah cara berpikir semua orang tentang pekerjaan dan karir.

Di tengah situasi ekonomi yang sulit seperti sekarang ini, jika Anda juga mempertimbangkan untuk berganti pekerjaan, maka ada beberapa langkah sederhana untuk mendukung keputusan Anda menuju karir yang sukses.

1. Mengoptimalkan kreatifitas

Jika Anda ingin berganti pekerjaan maka Anda harus berpikir lebih kreatif. Agar bisa terus bersaing dengan orang lain maka Anda juga harus bisa melihat peluang kreatif yang ada di luar sana. Mungkin Anda bisa melihat industri yang mampu bertahan dan terus berjalan sampai hari ini.

Baca juga Bagaimana Cara Mengelola Fokus Bekerja 8 Jam Sehari?

Contoh, jika Anda berkecimpung di dunia marketing, Anda bisa mempertimbangkan industri yang berjalan baik misalnya distributor sembako. Tanyakan pada diri sendiri, “Bagaimana saya bisa memperluas ruang lingkup pekerjaan yang sedang dicari?” Jika Anda selalu bekerja di bisnis kecil sebelumnya, cobalah untuk melamar pekerjaan di perusahaan besar, atau sebaliknya.

2. Prioritas tindakan

Ketika Anda melamar pekerjaan maka kuantitas lebih penting dari kualitas karena Anda harus melakukan pendekatan yang proaktif dan menjadikan hal itu sebagai kebiasaan baru saat sedang melamar pekerjaan.

Adalah masuk akal ketika Anda harus melamar ratusan pekerjaan sebelum akhirnya menemukan pekerjaan yang tepat. Jalani prosesnya dengan tujuan membuat Anda makin kokoh berdiri tegak. Setiap wawancara pekerjaan adalah peluang untuk membuka networking baru meskipun Anda tidak mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Semakin banyak Anda melamar pekerjaan maka peluang menuju sukses juga semakin besar.

3. Kendalikan yang Anda bisa

Tentu saja kita tidak dapat mengendalikan setiap perubahan karir yang terjadi di masa pandemi ini. Jika Anda sempat kehilangan pekerjaan selama beberapa waktu akibat pandemi, mungkin Anda bisa memikirkan kembali apa yang sudah Anda lakukan selama masa diam di rumah itu.

Anda bisa meningkatkan kemampuan diri dengan mempelajari keahlian baru yang menyokong peran pekerjaan yang Anda cari nanti, misalnya dengan belajar teknologi baru, belajar bahasa asing, atau belajar public speaking.

4. Pahami hal yang tidak dapat dinegosiasikan

Pandemi telah mengajarkan banyak hal terkait karir, mulai dari menciptakan hubungan pertemanan baru hingga bekerja dari rumah mencari peluang kerja yang lebih bermakna. Ketika Anda mencari pekerjaan Anda harus tahu faktor apa saja yang harus dimiliki. Ketika bertemu dengan masalah gaji, lakukan riset mengenai kisaran gaji di posisi dan industri tersebut. Anda harus tahu kisaran gaji di tempat tinggal Anda dan bisa mengajukan gaji lebih besar dengan memberikan argumen masuk akal kenapa Anda layak mendapatkan gaji besar tersebut.

5. Meminta saran

Ketika sedang mencari pekerjaan cobalah untuk bertanya pada keluarga, teman, atau lingkaran pertemanan yang Anda miliki apakah mereka memiliki informasi untuk posisi kerja yang kosong dan diperlukan. Percayalah, Anda tidak sendirian dalam hal ini. Banyak orang yang bersedia membantu. Dan, ada banyak sumber yang bisa digali. Yang perlu Anda lakukan hanyalah bertanya.

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami.

Related Posts