5 Tips Menguasai Manajemen Waktu
Business Coaching

5 Tips Menguasai Manajemen Waktu

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Waktu, sepertinya merupakan satu hal di dunia ini yang tidak dapat diganggu gugat perjalanannya. Selalu melangkah maju ke depan apapun pertistiwa yang terjadi di dalamnya. Waktu tidak berkurang, juga tidak dapat ditambah.

Banyak orang mengatakan tak punya cukup waktu untuk mengerjakan semua hal. Namun, sebenarnya waktu memberi kita kebebasan untuk melakukan semua hal yang kita inginkan, jika kita bisa mengelolanya dengan baik.

Terkait dengan pekerjaan profesional, mangelola waktu memang membutuhkan keahlian, kemauan, dan komitmen. Ada yang mengatakan bahwa semakin banyak waktu maka semakin banyak uang yang bisa kita dapatkan. Hal ini mungkin betul, terutama berlaku bagi orang yang memiliki banyak pekerjaan dalam kesehariannya.

Bagaimana kita bisa mengelola waktu sedemikian rapi hingga bisa menyelesaikan banyak pekerjaan dalam satu waktu? Yang harus diperhatikan adalah belajar mengenai manajemen waktu. Dengan menguasai manajemen waktu maka Anda akan semakin produktif setiap harinya.

Baca juga Cara Berpikir Seorang Pengusaha yang Harus Anda Ketahui

Untuk mulai mengelola waktu, berikut 5 tips menguasai manajemen waktu yang bisa dilakukan oleh Anda:

1. Menghilangkan yang tidak perlu

Tidak memikirkan hal yang tidak perlu rasanya semakin penting dari hari ke hari baik secara personal maupun profesional. Menghilangkan hal yang tidak perlu akan membuat Anda semakin produktif karena Anda hanya fokus pada hal yang perlu dikerjakan saja.

Hal yang tidak perlu itu adalah segala sesuatu yang menghalangi Anda dari meraih tujuan atau goal yang sudah ditetapkan. Intinya, jangan mudah terdistraksi oleh gangguan-gangguan kecil yang sebetulnya tidak perlu banyak perhatian. Misalnya, jika ingin menyelesaikan deadline pekerjaan, jangan buka medsos. Jika ingin menyelesaikan satu resep masakan, jangan sambil ngobrol hingga masakan menjadi gosong.

2. Membuat rencana kerja

Luangkan waktu sejenak menyiapkan diri secara mental sebelum memulai hari kemudian membuat rencana kerja. Jika Anda tidak membuat rencana kerja maka Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan dan tidak akan mencapai apa-apa. Beberapa menit yang dikontribusikan untuk membuat rencana kerja akan mendorong Anda menjadi produktif dan efektif. Setelah ada rencana kerja maka eksekusi rencana tersebut dan selesaikan.  

3. Multitasking

Multitasking adalah sebuah keahlian yang tidak dimiliki oleh semua orang. Mengetahui apakah Anda termasuk tipe individu yang bisa atau tidak bisa melakukan hal itu adalah penting. Karena, banyak orang mencoba multitasking namun malah membuat mereka menjadi kurang produktif karena tidak dapat melakukannya. Pada akhirnya beberapa pekerjaan yang dimulai malah tidak terselesaikan, hasilnya kurang bagus, dan ceroboh saat mengerjakannya.

4. Tahu kapan bisa multitasking

Apakah Anda termasuk individu yang multitasking atau tidak, tetap saja Anda harus tahu kapan waktunya untuk tidak multitasking. Misalnya, jika setiap hari Anda mengerjakan dua atau lebih tugas yang harus dikerjakan maka ketika ada satu tugas penting yang harus diselesaikan lebih dulu maka gunakan waktu untuk berkonsentrasi mengerjakan yang lebih penting dan ditunggu, baru setelah itu mengerjakan yang lain jika masih sempat.

5. Mengurangi interupsi

Secara realitistis Anda tidak dapat mengurangi hal-hal yang mungkin menginterupsi konsentrasi Anda, namun Anda bisa meluangkan waktu kemudian untuk menyelesaikan interupsi yang muncul. Misalnya, ketika Anda sedang fokus menyelesaikan satu deadline, kemudian ada rekan yang membutuhkan bantuan maka Anda bisa memberitahunya dengan sikap baik bahwa Anda akan membantu setelah menyelesaikan tugas utama terlebih dulu.

Jadi, meski apapun pekerjaan Anda, dengan pengelolaan waktu yang baik dan disiplin maka Anda akan menjadi lebih produktif dan pada akhirnya akan memicu pada tambahan penghasilan dari munculnya tugas-tugas baru yang ditawarkan.

Raih kesuksesan bisnis Anda dengan bantuan Business Coach kami.

Related Posts