Apa Itu Hidup dengan Kesadaran?
Wellness Coaching

Apa Itu Hidup dengan Kesadaran?

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan hidup sadar atau hidup dengan kesadaran? Hidup dengan kesadaran itu adalah tentang membuka mata hati, dimana kita bisa menyadari bahwa hidup ini lebih dari sekadar hidup. Ini adalah tentang menyadari semua yang kita konsumsi menggunakan indera dan sadar apa pengaruhnya bagi diri kita.

Jika Anda bisa memahami kalimat di atas secara mendalam maka sisa kalimat lainnya dalam artikel ini menjadi tidak penting. Namun begitu, tidak mudah untuk bisa memahami apa yang dimaksud dengan hidup dengan kesadaran itu, apalagi jika tidak ada penjelasan lebih lanjut. Hidup dengan kesadaran atau conscious living adalah tentang menghargai diri sendiri sama seperti kita menghargai semua hal yang ada di sekeliling kita melalui penglihatan dan perilaku yang sesuai dan jelas.

Hal ini berada jauh di luar pemahaman tentang pengembangan diri karena hidup dengan kesadaran itu tentang mengenal konsep keterkaitan yang erat antara kita dengan makhluk dan benda lain yang ada di sekitar kita. Kesadaran itu sendiri adalah mengenai praktik hidup damai. Kita harus melatih kesadaran untuk bisa mencapai conscious living itu sendiri.

Baca juga 7 Dimensi Wellness yang Anda Perlu Ketahui

Caranya yaitu dengan menyentuh dunia di sekitar kita secara mendalam. Bila Anda sudah bisa melakukannya maka Anda akan mendapatkan kebahagiaan yang luar biasa. Ada beberapa Langkah yang bisa Anda coba untuk menjalani keseharian dengan penuh kesadaran, di antaranya sebagai berikut:

1. Menemukan nilai-nilai dalam diri

Untuk membangun hidup yang penuh arti dan memiliki tujuan maka Anda harus meluangkan waktu untuk secara sadar mengenali nilai-nilai kebaikan yang ada di dalam diri. Memahami dengan jelas hal terpenting bagi diri sendiri akan membawa Anda melangkah menuju hidup yang terarah dan sadar. Karena nilai dalam diri adalah sebagai acuan yang mengarahkan perilaku Anda dan membentuk tujuan hidup yang penuh dengan manfaat. Contoh nilai-nilai kebaikan dalam diri Anda misalnya keluarga, hubungan cinta, pekerjaan, kenyamanan, kebebasan, kejujuran, kerendahan hati, kebenaran, dukungan, tawa, pujian, belas kasih, rasa keadilan dan banyak lagi.

2. Mengendalikan kesehatan

Terkait sehat dengan sadar artinya adalah Anda memilih untuk menjadi lebih sadar bagaimana perilaku Anda bisa memberi dampak positif dan negative bagi kesehatan. Pertimbangkanlah bahwa setiap tindakan akan memberi dampak pada kesehatan fisik, mental dan emosional dengan cara berbeda. Semakin kita menyadari hal ini maka kita semakin dekat pada hidup dengan penuh kesadaran itu sendiri.

3. Lakukan hal yang berarti

Ketika ada tujuan dan arti di balik setiap hal yang dikerjakan maka kadar kebahagiaan dan kesejahteraan kita juga akan meningkat. Penting bagi kita untuk merasa bahwa pekerjaan yang dilakukan ini terkait dengan nila-nilai dan jati diri kita. Ketika Anda yakin dengan yang dikerjakan, maka Anda melakukan pekerjaan itu dengan penuh kesadaran.

4. Kendali pikiran

Cobalah untuk menantang pikiran dan keyakinan Anda untuk mengenal lebih dekat pada asumsi dasar tentang identitas diri dan posisi Anda di dunia ini. Kenalilah bahwa banyak gagasan dan keyakinan dalam diri yang tidak Anda bagi dengan orang lain. Cobalah untuk menggapai kesadaran penuh dengan menantang kebiasaan tipikal, cara berpikir, dan pola perilaku dalam merespon suatu hal.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts