Apa Yang Dimaksud dengan Pembelajaran Emosi Sosial Itu?
Self-Growth Coaching

Apa Yang Dimaksud dengan Pembelajaran Emosi Sosial Itu?

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Mungkin Anda pernah mendengar tentang proses pengembangan kesadaran diri, pengendalian diri, dan kemampuan interpersonal seseorang yang dikenal dengan nama Social-emotional Learning atau Pembelajaran Emosi sosial. Konsep ini jika bisa dijalankan akan menjadi bekal yang sangat bermanfaat dalam mengarungi proses kehidupan di sekolah, pekerjaan atau juga proses kehidupan lainnya.

Orang yang memiliki kemampuan mengendalikan emosi sosial yang baik lebih bisa menangani tantangan dalam keseharian yang menunjang kesuksesannya di bidang akademik, profesional dan sosial. Jika Anda bisa menguasai kemampuan ini maka Anda akan beralih menjadi individu yang lebih disiplin, mampu mengandalikan emosi dan banyak hal positif lainnya.

Konsep ini bisa dikenalkan juga pada anak-anak di sekolah atau bahkan di rumah. Di sekolah, anak-anak pun berjuang agar bisa beradaptasi dan mengenal lingkungannya dengan baik untuk menunjang prestasi akademiknya. Sekolah terdiri dari pelajar berlatar belakang budaya, sosial, bahasa dan ekonomi berbeda.

Baca juga 5 Area Pengembangan Diri

Guru dan edukator melayani dan mendukung semua siswa yang memiliki motivasi berbeda untuk belajar dengan nyaman, berperilaku baik, dan berprestasi secara akademik. Menguasai teknik Pembelajaran Emosi Sosial akan menciptakan landasan untuk pembelajaran yang nyaman dan aman, dan membantu kemampuan siswa untuk meraih sukses di sekolah, dalam karirnya dan kehidupan secara umum.

Ada lima kunci yang harus dikembangkan untuk bisa menguasai Pembelajaran Emosi Sosial dengan sukses, yaitu:

1. Kesadaran diri

Kesadaran diri ini melingkupi pemahaman tentang emosi seseorang, mimpi seseorang dan nilai-nilai yang ada dalam diri setiap individu. Hal ini termasuk juga mengenal kelebihan dan kekurangan individu, memiliki wawasan positif, dan memiliki rasa optimisme yang baik. Penguasaan kesadaran diri yang tinggi memerlukan kemampuan untuk mengenali bagaimana pemikiran, perasaan, dan aksi bisa terhubung dengan baik.

2. Manajemen diri

Manajemen diri atau kemampuan mengelola diri memerlukan keahlian dan perilaku yang bisa memfasilitasi pengaturan emosi dan perilaku seseorang. Hal ini termasuk kemampuan untuk menunda kepuasan diri, mengelola stres, mengendalikan hasrat, dan tekun menghadapi tantangan untuk meraih tujuan personal.

3. Kesadaran sosial

Kesadaran sosial disini termasuk kemampuan untuk bisa memahami, berempati dan merasakan cinta kasih pada mereka yang berbeda latar belakang dan budaya. Untuk menguasai hal ini diperlukan pengertian tentang norma sosial untuk perilaku dan kemampuan mengenali keluarga, sekolah, dan masyarakat pendukung yang ada di sekitar.

4. Keterampilan dalam hubungan

Keterampilan dalam mengelola hubungan yang baik akan membuat siswa mampu berperilaku dan bertindak sesuai dengan norma sosial yang ada. Keahlian ini meliputi cara berkomunikasi, mendengarkan dengan aktif, bekerjasama, menolak tekanan sosial, bernegosiasi dengan konflik dan kritik membangun, dan mencari bantuan jika membutuhkan.

5. Membuat keputusan yang bertanggung jawab

Bisa membuat keputusan yang bertanggung jawab meliputi pembelajaran tentang bagaimana membuat pilihan yang membangun tentang perilaku personal dan interaksi sosial dalam skenario berbeda. Bisa membuat keputusan yang bertanggung jawab memerlukan kemampuan untuk mempertimbangkan standar etika, perhatian pada keamanan, bagaimana bertindak sesuai norma dalam situasi yang berisiko, memperhatikan kesehatan pribadi dan orang lain, dan membuat evaluasi realistis dari berbagai konsekuensi berbeda.

Jadi, Pembelajaran Emosi Sosial atau Social and Emotional Learning merupakan sebuah proses dimana individu mampu mengaplikasikan pengetahuan, perilaku, dan keahlian yang dimiliki untuk memahami emosi, menetapkan tujuan positif, merasakan dan berempati pada orang lain, merawat hubungan positif dengan orang lain, dan membuat keputusan yang bertanggung jawab. Bagaimana dengan Anda?

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami.

Related Posts