Bagaimana Kerja Sales Jarak Jauh Mencapai Sukses
Sales Coaching

Bagaimana Kerja Sales Jarak Jauh Mencapai Sukses

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Kerja jarak jauh sudah menjadi fenomena dan adaptasi baru dimana semua kegiatan kerja dilakukan dari jarak jauh bahkan dari benua berbeda. Namun kerja jarak jauh ini bukan berarti tanpa tantangan terutama kaitannya dengan kerjasama tim dan kolaborasi efektif antara sesama anggota tim.

Beruntung banyak platform dan layanan teknologi yang bisa membantu tim seperti tim sales untuk mengatasi tantangan tersebut. Dan, ada beberapa hal yang bisa dijadikan pegangan untuk mencapai keberhasilan sales dari jarak jauh, seperti di bawah ini:

1. Konsisten memulai pekerjaan di awal hari

Rahasia kesuksesan pemimpin besar dunia dalam industri bukan hanya terkait dengan sifat-sifat umum seperti ambisi, disiplin diri dan kemampuan untuk menentukan priritas, tetapi satu hal penting yang menentukan kesuksesan mereka adalah membuat keputusan besar dan kokoh di pagi hari ketika pikiran masih tajam dan segar.

Baca juga Coaching untuk Peningkatan Sales

Kebiasaan seperti ini juga bisa dilakukan oleh Anda yang bekerja di ruang sales. Dedikasikan waktu di pagi hari untuk konsentrasi melakukan tugas-tugas sales yang menitikberatkan pada konversi sebelum Anda terdistraksi oleh sosial media, tugas rumah, anak-anak dan hal lainnya.

Jadi, mulailah pagi hari dengan rencana strategis yang prospoektif. Temui klien saat waktu ngopi pagi dan tunda tugas menelepon prospek di pagi hari.

2. Jadikan rutinitas

Salah satu keuntungan dari kerja jarak jauh adalah fleksibilitas namun terkadang terlalu fleksibel juga tidak baik. Menjadi fleksibel bukan berarti bekerja tanpa struktur. Dengan menjadikannya sebagai rutinitas Anda bisa menambahkan sedikit struktur dalam hari kerja Anda.

3. Implementasi proses

Sebuah rutinitas atau bisa juga disebut dengan proses akan memastikan semua kegiatan tim yang bekerja jarak jauh bukan hanya berada di arah yang sama tetapi juga di alur yang tepat. Hal ini penting, terutama jika anggota tim tersebar di berbagai belahan dunia di waktu berbeda.

Panduan bekerja jarak jauh bagi anggota tim sales akan mengelola seluruh tugas sales seperti menarik prospek, melakukan demo, dan menindaklanjuti komunikasi dengan prospek akan sangat membantu manajer untuk melakukan pengawasan performa timnya.

4. Memanfaatkan teknologi

Manfaatkan layanan teknologi yang ada untuk membantu Anda tetap terhubung saat bekerja jarak jauh, misalnya dengan menggunakan platform jaringan sosial profesional, video conference untuk meeting, atau menggunakan software komunikasi video untuk mencapai goal bersama.

5. Fokus pada hasil

Waktu adalah berharga, hal ini berlaku untuk siapa saja, begitu pula dengan sales dan kerja jarak jauh. Sebagai sales yang bekerja dengan jarak jauh Anda merupakan pengendali waktu Anda sendiri - bukan sebaliknya. Inilah bedanya antara kerja jarak jauh dan kerja di kantor.

Artinya, satu tugas yang memiliki deadline satu minggu tidak selalu membutuhkan waktu 5 hari kerja untuk selesai. Anda bisa melabeli ulang deadline itu dalam pikiran Anda. Semakin cepat Anda menyelesaikan satu tugas maka semakin cepat pula Anda beralih ke tugas lain. Jadikan hal ini sebagai satu kebiasaan hingga akhirnya Anda akan menemukan diri Anda selalu menyelesaikan tugas lebih cepat dan meningkatkan peluang mendapat konversi sales.

Melakukan latihan seperti tersebut di atas secara terus menerus akan membuat Anda optimal dalam bekerja meski dari jarak jauh.

Optimalkan penjualan produk dan layanan Anda dengan bantuan Sales Coach kami.

Related Posts