Cara Berkomunikasi dengan Bos yang Menyebalkan
Career Coaching

Cara Berkomunikasi dengan Bos yang Menyebalkan

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Apakah Anda pernah mengalami bekerja dengan rekan kerja yang menyebalkan? Mungkin pernah. Bagaimana jika Anda berada dalam situasi kerja bersama bos yang menyebalkan? Tentu saja tidak menyenangkan, bukan? Situasi ini bisa memengaruhi suasana hati dan semangat untuk berangkat ke tempat kerja setiap harinya.

Situasi seperti itu juga bisa mengubah cara kita berinteraksi dengan orang lain di tempat kerja. Mendapat perlakukan yang menyebalkan dari bos akan terbawa sampai ke rumah, dimana bisa saja hal itu juga membuat Anda melampiaskan kekesalan pada orang rumah. Ini tidak baik untuk kesehatan mental Anda.

Untuk menghindari masalah seperti ini, Anda harus memelajari cara berkomunikasi dengan bos yang menyebalkan dan meninggalkan stres Anda di tempat kerja. Jangan dibawa hingga ke rumah.

Konfrontasi perilaku kasar

Perilaku yang kasar merupakan bentuk egoisme dan kurangnya rasa menghargai orang lain, dan hal ini terlihat dari karakter orang ketika berinteraksi, berkomentar, dan mengganggu suasana. Jika Anda diam menghadapi gangguan seperti ini secara berkelanjutan maka Anda memberi ijin pada perilaku buruk untuk berlanjut. Jika Anda tidak tegas, maka ia akan terus melakukannya.

Baca juga Cara Efektif Menghadapi Kolega yang Angkuh di Tempat Kerja

Ingatlah, adalah tanggung jawab Anda untuk menentukan bagaimana Anda ingin diperlakukan oleh orang lain, dan hal ini berlaku juga di tempat kerja. Biarkan bos Anda tahu bahwa Anda tidak menghargai perilaku buruk yang ditujukan pada Anda.

Mencoba pendekatan humor

Cobalah pendekatan yang humoris pada bos Anda. Humor bisa mengurangi keburukan perilaku, dan cara ini juga bisa menunjukkan pada si bos bahwa Anda tidak setuju dengan perilaku buruknya. Cara komunikasi seperti ini bisa menyampaikan pesan tanpa konfrontasi langsung. Reaksi orang terhadap humor Anda akan menunjukkan banyak hal tentang dia. Jika dia menerima pesan Anda maka dia akan berhenti berperilaku buruk. Lakukan komunikasi sambil tetap tersenyum.

Komunikasi melalui email

Pertimbangkan untuk menggunakan email dalam berkomunikasi alih-alih bicara langsung pada orang bersangkutan. Mungkin orang tersebut akan berkurang perilaku buruknya dalam email karena email menyampaikan pesan secara tertulis dan tersimpan dimana tulisan tersebut bisa menjadi bukti atas perilakunya yang buruk. Tuliskan keberatan Anda sesuai fakta, jelas, ringkas, dan fokus pada masalahnya. Jangan menggunakan amunisi yang bisa dipergunakan oleh dia untuk melawan Anda.

Mengekspresikan keberatan secara langsung

Bos yang berperilaku kasar juga biasanya cepat marah, jadi penting bagi Anda untuk tetap tenang dan mengendalikan emosi. Jika Anda memutuskan untuk membuat dia tahu bagaimana perilaku buruknya sangat mengganggu, bicarakan secara privat. Gunakan nada bicara yang biasa dan bicara secara profesional.

Pertimbangan lain

Jika Anda terlalu stres dan membawa efek negatifnya ke rumah maka pertimbangkan untuk mencari pekerjaan lain. Lakukan riset terlebih dulu untuk jenis keahlian yang sama sebelum anda memutuskan untuk undur diri. Ingatlah bahwa sebagai karyawan, Anda berhak untuk mendapat perlakuan yang baik dan bebas dari perilaku kasar di tempat kerja.

Jika perilaku kasar atau buruk bos tidak dapat ditolerir lagi maka Anda bisa melaporkannya ke HRD. Jika tidak ada tanggapan, Anda bis amengajukan keluhan pada serikat kerja tentang perilaku buruk tersebut.

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami.

Related Posts