Cara Mencintai Diri Sendiri Dengan Mindfulness
Self-Growth Coaching

Cara Mencintai Diri Sendiri Dengan Mindfulness

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Pernahkah Anda memperhatikan udara yang dihirup setiap saat dalam keseharian kita? Bagaimana kita bernapas dengan cara menghirup udara melalui hidung, kemudian udara memasuki tubuh dan membuat fungsi organ tubuh bekerja dengan baik.

Kapan terakhir kali Anda bisa tidur dengan nyenyak?

Tubuh lelah, Anda membutuhkan istirahat namun pikiran Anda masih terus berkelana di kepala kita. Banyak hal yang dipikirkan oleh Anda termasuk soal pekerjaan, masalah keuangan, masa depan anak-anak, hubungan pertemanan, atau juga isu terkini yang sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat.

Waktu terus berlalu, jam sudah menunjukkan pukul 03.00 dini hari namun mata Anda tak juga terpejam.

Tubuh sudah sangat lelah namun otak Anda masih terus bekerja keras.

Keesokan harinya Anda berjalan ke kantor dengan limbung karena kurang tidur.

Kebanyakan orang tidak sadar bahwa segala hal yang dimiliki hari ini adalah hal yang sudah seharusnya terjadi. Sadar dalam artian menyadari, bukan sadar dalam arti kata insyaf.

Kesadaran dalam diri manusia harus dilatih. Kesadaran untuk melakukan hal-hal dengan cara biasa saja, tanpa ada maksud, harapan, atau keinginan tertentu. Anda ingin membaca, maka Anda membaca tanpa menyisipkan ingatan akan peristiwa di hari kemarin. Anda bernapas dengan menyadari bahwa udara yang dihirup adalah udara yang menjadikan tubuh kita hidup.

Baca juga Manfaat Lingkungan Kerja yang Sehat untuk Peningkatan Produktifitas

Apakah setiap orang menjalani hidup dengan bahagia? Tidak semua. Banyak ornag yang berusaha keras mencari kebahagiaan dalam hidupnya. Berusaha mewujudkan bahagia dengan sekuat tenaga. Yang tidak disadari adalah bahwa bahagia itu merupakan pola pikir. Merasa cukup tanpa harus serakah bisa menjadikan kita bahagia.

Kita adalah makhluk yang selalu belajar dengan terus menerus tanpa henti. Belajar tentang banyak hal yang terjadi dalam berbagai aspek kehidupan. Kita perlu juga belajar caranya mengelola diri dan pikiran dengan baik. Anda yang mengendalikan pikiran, bukan sebaliknya. Jika Anda melakukan sebaliknya maka stress akan menghampiri, bahkan berteman dengan baik dengan diri Anda.

Salah satu konsep pengelolaan dan pengendalian diri adalah mindfulness. Anda menjalani hidup dan menikmati prosesnya saat ini, right this moment. Tidak perlu berpikir terlalu keras tentang masa depan. Tidak perlu juga menengok terlalu jauh ke belakang karena semua hal yang sudah terjadi dan berlalu akan menjadi sebuah kenangan dan pembelajaran.

Apa yang Dimaksud dengan Mindfulness?

Mindfulness adalah sebuah konsep sederhana dimana kita bisa fokus menjalani hidup saat ini tanpa berpikir terlalu keras tentang masa depan atau terlibat terlalu jauh dengan yang sudah berlalu.

Mindfulness tidak menilai atau menghakimi, namun lebih pada menerima secara sadar yang sedang dijalani oleh diri saat ini. Dengan mindfulness Anda bisa mengelola energi negatif yang sedang hinggap di kepala sehingga tidak membuatnya meledak dan merusak diri.

Misalnya, ketika Anda mendapat masalah yang berat lalu Anda bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi pada diri Anda, “Why me?” mindfulness akan membuat Anda sadar bahwa segala hal yang Anda alami saat ini adalah bagian dari cerita hidup Anda.

Hindari menilai atau menghakimi diri sendiri karena semua hal yang terjadi saat ini merupakan hasil dari keterhubungan ucap dan laku kita dengan banyak titik lain dalam teka-teki semesta. Berhentilah untuk terlalu khawatir tapi fokuslah pada apa yang sedang terjadi saat ini. Living your life right at this moment.

Manfaat Mindfulness

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan konsep mindfulness dalam hidup, di antaranya adalah:

1. Mengurangi stres

2. Meningkatkan kualitas kesehatan mental

3. Menenangkan pikiran

4. Mencintai diri lebih baik

5. Meningkatkan produktifitas dan kreatifitas

Hidup memang unpredictable, dan kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi bahkan dalam hitungan waktu satu jam ke depan sekalipun. Ada banyak ketidakpastian dalam hidup. Ada banyak penyesalan, pun banyak kesempatan. Dengan konsep mindfulness Anda bisa melihat jalan untuk solusi bagi masalah yang ada. Anda juga bisa merasakan setiap detik pengalaman yang dialami dengan lebih menerima dan lapang dada. Anda akan mencintai diri Anda lebih baik dari sebelumnya.

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami.

Related Posts