Cara Menjadi Pembelajar yang Lebih Baik Setiap Hari
Self-Growth Coaching

Cara Menjadi Pembelajar yang Lebih Baik Setiap Hari

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Ada satu sifat menonjol yang ada pada pribadi para pemimpin sukses, yaitu mereka tidak pernah berhenti untuk belajar. Mereka tahu tidak ada garis finish untuk belajar. Ada pengetahuan dan ilmu yang baru dan selalu berkembang untuk dipahami lebih baik lagi.

Dengan pemahaman seperti itu, mereka kemudian membentuk sebuah kebiasaan. Suatu kebiasaan yang ditujukan untuk membentuk diri lebih baik lagi dengan mencari sumber ilmu yang bisa membantu mereka menjadi pemimpin yang lebih baik dalam proses perjalanannya.

Apapun hasilnya, apakah menjadi pemimpin yang paling pintar dan sarat ilmu pengetahuan, pemimpin yang sangat berpengalaman dalam industri yang ditekuni atau pemimpin yang memiliki jenis keahlian langka, pemimpin yang baik akan selalu belajar tentang banyak hal.

Jika tidak menjadi pemimpin bagi orang lain, setidaknya bisa menjadi pemimpin bagi diri sendiri dengan menjadi pembelajar yang lebih baik setiap harinya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda pelajari untuk naik tingkat menjadi pembelajar yang lebih baik lagi:

1. Pahami cara belajar terbaik untuk Anda

Belajar, sama halnya dengan berolahraga, memiliki teknik tertentu yang mampu mendorong Anda tumbuh dan belajar lebih cepat. Tapi, Anda harus memahami bagaimana cara belajar yang paling cocok untuk Anda sehingga bisa menyerap ilmu dengan lebih cepat.

Baca juga Pentingnya Pengembangan Diri

Misalnya, Anda lebih suka membaca dan memahami isi buku terlebih dulu daripada langsung praktek. Ada lagi individu yang lebih suka belajar langsung meski tanpa pengalaman, namun dalam perjalanannya keberanian untuk langsung beraksi itu akan memberikan ilmu dan pengalaman yang terbaik.

2. Membuat agenda belajar

Membuat agenda belajar adalah mengidentifikasi apa yang dibutuhkan oleh Anda dalam belajar, kemudian meluangkan waktu dan mencari sumber pengetahuan untuk pembelajaran tersebut. Karena selepas dari pendidikan akademik, maka Anda harus membuat kurikulum sendiri. Jangan bergantung pada orang lain, buatlah agenda belajar sendiri karena sebagian besar proses pembelajaran justru terjadi di luar kelas formal, namun melalui pengalaman dan pengembangan hubungan baik dengan orang lain.

3. Mengembangkan dasar pembelajaran

Belajar itu kumulatif, dimana Anda menambah terus pengetahuan dan pengalaman sepanjang Anda belajar, kapanpun, dimanapun. Setelah itu, Anda membuat koneksi dan mengaitkan hal baru dengan yang lama untuk mencari ide atau gagasan baru yang lebih segar. Evaluasi adalah penting untuk melihat kembali tentang perubahan yang ada, apa yang mungkin tidak setujui, atau hal apa yang mungkin perlu dibenahi.

4. Ajarkan dan aplikasikan yang Anda tahu

Ada perbedaan antara mengetahui suatu informasi dan mengaplikasikannya dalam sebuah situasi. Mengambil inisiatif tidak hanya untuk belajar tetapi juga mengajar orang lain adalah kemampuan yang jarang dilakukan. Jadi, ketika Anda sudah memahami suatu pengetahuan, Anda kemudian bersedia untuk mengajari hal tersebut pada rekan kerja, maka cara ini akan membantu Anda belajar tentang hal lain, yaitu hubungan pertemanan yang baik di tempat kerja.

Seorang pembelajar yang baik itu bagaikan sungai yang mengalir melalui diri kita, menambah pengetahuan, memahami dan membentuk sudut pandang lain yang bertujuan untuk memberi manfaat tak hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi orang lain.

Pembelajaran yang baik bisa dimulai dari sebuah ide atau konsep, namun ketika diaplikasikan dengan tepat secara konsisten maka hasil yang konkrit akan terlihat dengan jelas.

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami.

Related Posts