Cara Meraih Keseimbangan dalam Pekerjaan dan Hidup
Career Coaching

Cara Meraih Keseimbangan dalam Pekerjaan dan Hidup

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Apapun karir yang Anda miliki sekarang atau berapa banyak komitmen yang Anda lakoni, menciptakan keseimbangan yang sehat antara bekerja dan hidup adalah sangat penting untuk bisa menjalani kehidupan yang bahagia juga produktif. Namun begitu, mendapatkan hal terbaik selalu harus melalui perjalanan berliku yang tidak mudah.

Kita seringkali lebih mendahulukan pekerjaan daripada hal lainnya dalam hidup. Keinginan untuk mencapai kesuksesan secara professional yang menjadi pendorong kita cenderung mengesampingkan kesejahteraan diri sendiri. Kadang manusia tidak melihat bahwa keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan ini akan meningkatkan kesejahteraan fisik, emosional dan mental yang juga berdampak baik untuk karir  kita.

Apa yang dimaksud dengan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan dan kenapa hal itu menjadi penting bagi individu? Secara singkat, keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan itu adalah sebuah keadaan dimana seseorang bisa menempatkan prioritas antara tuntutan karir dan kehidupan pribadinya secara setara.

Baca juga Fixed vs. Growth Mindset

Ada beberapa hal yang melatarbelakangi ketidakseimbangan antara dua hal tersebut, misalnya karena peningkatan tanggung jawab di tempat kerja, waktu kerja yang bertambah panjang, meningkatnya tanggung jawab di rumah, dan memiliki anak. Mengapa keseimbangan itu penting?

Karena keseimbangan memiliki banyak dampak positif seperti berkurangnya stress, risiko kelelahan yang lebih rendah, dan perasaan sejahtera yang lebih besar. Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi bukan hanya menguntungkan individu sebagai pekerja tetapi juga menguntungkan bagi perusahaan. Karena karyawan bisa menjadi lebih ceria, semangat, fokus dan produktif dalam bekerja.

Ada beberapa cara yang bisa diikuti untuk meningkatkan keseimbangan dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi, sebagai berikut:

1. Evaluasi situasi

Mengevaluasi situasi hal apa yang paling penting bagi Anda saat ini. Apakah hal itu mendesak Anda untuk melakukan perubahan dalam hidup? Hal ini bisa berupa ketidakpuasan, krisis usia senja, atau peristiwa besar seperti melahirkan, perkawinan atau perceraian. Yang harus dilakukan adalah menemukan “diri” Anda, mengevaluasi ulang prioritas dan menentukan hal apa yang menjadi sangat berarti bagi hidup Anda.

2. Growing mindset

Memiliki ketakutan dan keraguan adalah hal normal ketika Anda berikir tentang sebuah perubahan. Adalah baik utnuk mengembangkan pola pikir yang membuat Anda tumbuh alih-alih membiarkan ketakutan Anda menjadi pengendalinya. Banyak orang ingin membuat perubahan tetapi masih berjuang dengan “iya, tapi …”. Memang terkadang manusia harus melawan keinginan terbesar dalam diri ketika harus mengambil keputusan yang tepat.

3. Keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi

Apakah setiap individu bisa memiliki segalanya seperti karir yang baik, gaji yang besar, juga waktu luang yang banyak bersama keluarga? Rasanya sulit untuk mewujudkan semuanya dalam hidup. Tidak semuanya bisa kita raih dan menjadi yang terbaik dalam segala hal. Terimalah bahwa manusia itu memang tiada sempurna.

4. Hobi

Jika ingin menemukan kesenangan lain tanpa harus mengundurkan diri dari pekerjaan adalah dengan menemukan hobi. Menemukan kesenangan dalam hobi akan meningkatkan semangat dan motivasi untuk kembali berjuang dalam pekerjaan dan menemukan mencapai keseimbangan dalam kehidupan pribadi. Hobi bisa mengurangi stress dan meningkatkan kadar bahagia individu.

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami.

Related Posts