Cara Pendekatan Sehat untuk Pengembangan Diri
Self-Growth Coaching

Cara Pendekatan Sehat untuk Pengembangan Diri

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Setiap individu pasti ingin mengembangkan talenta dalam dirinya setiap saat, tetapi bagaimana cara pendekatan yang sehat untuk pengembangan diri? Tentu saja, cara terbaik adalah cara yang paling tepat dan cocok untuk Anda. Lalu, bagaimana Anda bisa menemukan cara pendekatan terbaik itu?

Anda mungkin harus mencobanya terlebih dahulu, melakukan trial and error untuk menemukan cara yang paling membantu sesuai dengan situasi dan kondisi Anda. Untuk bisa menemukan hal itu ada lima hal dasar yang harus Anda pikirkan, seperti berikut ini:

1. Kecepatan bertahap

Tidak ada perbaikan yang cepat mengenai pengembangan diri, semuanya harus dilakukan secara bertahap. Anda bisa fokus pada pendekatan yang melibatkan perubahan bertahap untuk melancarkan jalan meraih target Anda. Pendekatan seperti ini mengharuskan Anda fokus pada satu perubahan sekali waktu, dan Anda akan beralih ke perubahan berikutnya ketika sudah merasa nyaman dengan perubahan sebelumnya.

Baca juga Cara Menjadi Pembelajar yang Lebih Baik Setiap Hari

salah satu contoh lain tentang pendekatan bertahap ini adalah berpikir tentang perubahan kecil yang bisa dibuat dengan arah positif, atau bagiaman Anda bisa mengembangkan diri dengan langkah kecil dalam satu waktu. Misalnya, ketika Anda ingin menjadi individu yang lebih sosial, Anda bisa mencoba untuk mengenalkan diri pada satu orang baru setiap bulannya.

2. Orientasi pada goal

Tidak akan ada perubahan yang signifikan jika Anda ingin mengembangkan diri tanpa goal. Menetapkan goal adalah penting karena dengan begitu Anda akan tahu apa yang akan dicapai dan bagaimana bisa mengambil langkah tepat untuk mewujudkannya sesuai harapan.

Cara ini seringkali dimulai dengan mimpi besar kemudian bekerja keras mewujudkannya dimulai dengan mengidentifikasi goal kecil di sepanjang jalur menuju goal besar tersebut. Memiliki serangkaian goal akan membuat Anda terus termotivasi terutama ketika Anda merasa lelah dan ingin menyerah.

3. Akuntabilitas

Rencana pengembangan diri yang terbaik akan melibatkan komitmen dalam prosesnya. Cara ideal berkomitmen adalah dengan menuliskannya atau mengucapkan secara verbal pada seseorang yang dekat dengan Anda -seperti teman berbagi dalam suka duka.

Contoh janji akuntabilitas yang diucapkan secara verbal mungkin seperti ini, “ Aku berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan mental melalui meditasi selama lima menit setiap pagi dan mengulanginya dengan afirmasi positif pada diri sendiri setelah meditasi selesai.” Atau, “Meditasi akan menjadi goal besar dalam mencapai hidup sejahtera versi aku. Aku akan bersiap setiap hari, mengingatkan diri sendiri bahwa aku BISA mewujudkan keinginanku, dan juga mengurangi stres.”

4. Membuat rencana mengatasi hambatan

Hambatan dan rintangan akan selalu hadir ketika Anda membuat rencana dan goal apapun dalam hidup. Berada tetap di jalur yang sudah ditetapkan membuat Anda harus mampu mengidentifikasi hambatan yang mungkin akan muncul dan membuat rencana untuk mengatasinya.

Dengan cara ini, cara pendekatan pengembangan diri yang terbaik selalu terikat dengan kesadaran bahwa tidak ada jalan yang mulus dan Anda harus bisa beradaptasi sesuai dengan kondisi yang ada. Anda juga harus membuat daftar strategi untuk mengatasi hambatan yang bakal muncul dengan cara nyata.

5. Penghargaan untuk kesuksesan

Penghargaan untuk diri sendiri itu penting. Ketika Anda bisa mencapai goal dalam melakukan pendekatan untuk pengembangan diri maka Anda layak untuk diberi reward atau hadiah. Siapa yang memberinya? Ya, Anda sendiri.

Bentuk hadiah yang layak diberikan tergantung pada Anda sendiri. Misalnya, Anda menghadiahi diri Anda dengan traveling ke pantai yang ada di bucket list Anda selama ini, atau Anda menikmati me time selama seharian penuh di salon atau spa favorit Anda.

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami.

Related Posts