Cinta Bukan Perasaan
General

Cinta Bukan Perasaan


Apa yang pertama kali muncul dalam pikiran Anda ketika mendengar kata cinta? Apa arti cinta bagi Anda?

Sudah banyak sekali saya membaca atau mendengar mengenai makna atau definisi cinta. Saya tidak akan menyanggah atau berdebat mengenai hal itu. Tapi bagi Anda yang mungkin masih bingung atau belum menemukan makna yang tepat mengenai cinta, ijinkan saya membagikan sesuatu yang mungkin layak Anda pertimbangkan.

Cinta dalam bahasa Inggris diterjemahkan sebagai Love. Dan Love dalam bahasa Inggris juga berarti mencintai; sebuah kata kerja, bukan kata benda. Apakah artinya?

Penting sekali memberi makna pada kata Love sebagai kata kerja. Ketika Love sebagai kata kerja, ada suatu upaya atau aktivitas yang dilakukan dalam rangka mewujudkannya.  Love sebagai kata kerja artinya akan menghasilkan sesuatu yang berbanding lurus dengan upaya yang dilakukan. Demikian juga sebaliknya, ketika kita berhenti mengupayakannya, maka kita akan kehilangan hasilnya. Lantas upaya atau aktivitas apa yang dimaksud? 

Baca juga Faktor Penting dalam Hubungan Romantis yang Sehat

Pernah mendengar seorang mengatakan "Percuma bilang I Love You, tapi hanya di bibir saja"? Betul. Ketika kita mengatakan bahwa kita mencintai seseorang, kita perlu membuktikannya. Ada berbagai cara, misalnya dengan memberi hadiah, menemani seseorang melakukan hobinya, menggandeng tangannya, atau sekedar mendengarkan curahan hatinya dengan penuh perhatian.  Tidak jarang juga mencintai seseorang membuat kita mau berkorban lebih dari yang biasanya kita lakukan. 

Sebagai kata kerja, mencintai membutuhkan pikiran yang bekerja, bukan dikendalikan oleh perasaan. Mencintai adalah suatu keputusan yang dibuat dengan kesadaran penuh. 

Jadi, apakah mencinta itu tanpa perasaan? Saya senang kalau Anda menanyakannya.  Jangan kuatir, mencintai memang diawali dengan perasaan, yang biasa kita kenal dengan jatuh cinta. Namun perasaan jatuh cinta ini biasanya tidak berlangsung selamanya. Begitu hormon oksitosin berhenti atau berkurang, perasaan jatuh cinta ini akan berubah. Untuk beberapa orang bahkan dapat berkata, "Aku sudah tidak cinta lagi." Nah disinilah pentingnya membedakan antara jatuh cinta dan mencintai.  

Cinta bukanlah perasaan. Cinta adalah kata kerja. Harus ada yang dikerjakan dan diupayakan untuk mewujudkannya. Cinta adalah suatu keputusan.

Wujudkan hubungan berpasangan yang ideal dengan bantuan Relationship Coach kami.

{$detail->author->name}}
Hana Novitriani, CEC

Love & Life Coach Check the profile at https://visecoach.com/hana-novitriani

Related Posts