Seberapa Efektif Resolusi Tahun Baru Anda Membawa Perubahan ?
General

Seberapa Efektif Resolusi Tahun Baru Anda Membawa Perubahan ?


Masih ingatkah dengan Resolusi tahun baru terakhir Anda?  Seberapa dekat Anda dengan resolusi tahun baru ini, sekarang? Apa yang terjadi setelah keceriaan perayaan tahun baru berakhir? Beberapa contoh resolusi ini mungkin mewakili jenis-jenis resolusi tahun baru Anda:

-        Hidup lebih sehat

-        Lebih punya waktu untuk keluarga

-        Menyelesaikan studi

-        Turun berat badan

-        Lebih rajin berolahraga

-        Mencapai target di pekerjaan

-        Berganti karir

-        Mengembangkan kemapuan diri tertentu

-        Mulai berbisnis

-        Mengakhiri masa lajang, dan lain sebagainya

Baca juga Wujudkan Resolusi Tahun Baru Anda

Jika Anda merasa bahwa resolusi tahun baru Anda gagal membawa perubahan yang Anda inginkan, maka hal apa yang bisa Anda perbaiki pada resolusi tahun baru Anda berikutnya? Pada dasarnya sebuah resolusi tahun baru itu mengandung vision yang ingin Anda wujudkan.

Membuat resolusi tahun baru yang memotivasi diri (vision)

Al Falaq Arsendatama, MCC dalam sebuah teori yang dikembangkannya mengatakan bahwa vision yang didefinisikan sebagai gambaran jelas tentang masa depan yang mungkin dan diinginkan, perlu mengandung dua elemen penting, yaitu inspirasi dan dorongan.


VISI = INSPIRASI + DORONGAN

Inspirasi

Sesuatu yang membangkitkan ide tentang apa yang harus dilakukan atau diwujudkan. Inspirasi menarik Anda dari luar untuk mewujudkan sesuatu yang baru, lebih baik, atau lebih banyak.

Dorongan

Kekuatan dari dalam diri yang memotivasi Anda untuk bertindak dan berperilaku sesuai kemampuan terbaik Anda. Dorongan menggerakkan Anda untuk merealisasikan tujuan Anda.

Contoh resolusi tahun baru yang memotivasi diri

[Dorongan] Menurunkan berat badan saya ke titik BMI ideal, [Inspirasi] agar saya punya cukup energi menemani anak-anak saya beraktifitas dan tetap bisa mengembangkan karir impian saya.

[Dorongan] Menyelesaikan studi saya paling lambat di tengah tahun, [Inspirasi] agar saya bisa fokus menghasilkan karya terbaik di usaha start up yang saya pimpin.

Bagi Anda yang terbiasa melakukan proses refleksi diri, maka kegiatan untuk menghasilkan dua elemen ini bisa dilakukan sendiri dengan memperhatikan dinamika perasaan dan energi dalam diri saat memformulasikan kalimat-kalimat tentang dorongan dan inspirasi. Dorongan dan inspirasi yang otentik akan membawa perubahan energi yang menyegarkan badan dan pikiran Anda, sementara dorongan dan inspirasi yang sekedar mencontek atau dibuat-buat tidak akan menghasilkan riak-riak energi yang sama.

Mendapatkan bantuan dalam memformulasi Resolusi tahun baru yang memotivasi

Jika Anda belum yakin apakah resolusi tahun baru Anda bisa memberikan energi yang memotivasi Anda untuk benar-benar mencapainya, maka mencari bantuan bisa jadi alternatif yang bisa diambil. Mendapatkan bantuan dari seorang Coach Professional dalam merumuskan resolusi tahun baru juga menjadi trend baru untuk menunjukkan bahwa seseorang memang serius untuk berubah. Bagaimana dengan Anda? (Bersambung…)

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami.

{$detail->author->name}}
Irfan Prarendra, PCC

Disruptive Coach Check the profile at https://visecoach.com/irfan-prarendra

Related Posts