Growth Mindset untuk Orang Tua Zaman Now
Parenting Coaching

Growth Mindset untuk Orang Tua Zaman Now

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Di zaman sekarang ini penting bagi orangtua untuk bisa memahami bagaimana mindset anak mempengaruhi perilaku, motivasi dan pencapaian mereka. Kini, makin banyak orangtua dan guru yang melakukan pendekatan pada mindset pertumbuhan anak sebagai strategi pendorong untuk memotivasi murid dan juga anak-anak di rumah.

Mengembangkan mindset yang baik pada anak-anak tentu saja dimulai dari Anda sebagai orangtua. Peran orangtua sangat besar dalam memberi pengaruh terhadap mindset anak-anak, dan orangtua merupakan contoh teladan yang pasti akan ditiru dan dijadikan patokan oleh anak. Anda bisa menunjukkan bahwa Anda senang dengan tantangan, melihat sebuah kesalahan sebagai peluang untuk belajar hal baru, dan memahami nilai proses dan mencoba strategi berbeda untuk membentuk mindset yang terus tumbuh berkembang.

Mindset pertumbuhan ini menggarisbawahi keyakinan bahwa kemampuan individu bisa dikembangkan melalui usaha dan latihan yang konsisten. Anak dengan mindset pertumbuhan seperti ini akan teguh dalam menghadapi tantangan karena mereka mengerti bahwa usaha dan kerja keras dapat mengubah kemampuan dan kecerdasan individu.

Sedangkan mindset yang kaku adalah keyakinan bahwa kecerdasan itu statis dan tidak bisa diubah. Ketika anak memiliki mindset yang kaku maka mereka cenderung untuk menyerah dengan mudah saat menghadapi hambatan dan rintangan, karena mereka percaya bahwa mereka tidak akan mampu menerima dan belajar dari sebuah kesulitan.

Baca juga 4 Gaya Parenting yang Perlu Diketahui Orangtua

Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh orangtua agar bisa menjadi orangtua yang efektif dengan growth mindset adaah dengan melepaskan kenangan buruk di masa lalu. Jangan terus menerus mengingatkan anak atas apa yang pernah terjadi dengan proses pembelajaran mereka di sekolah tahun lalu, misalnya. Hal ini akan sangat berpengaruh pada kesuksesan anak nantinya. Lepaskan saja.

Ketika Anda melepaskan masa lalu, Anda hanya akan menghadapi hari ini, saat ini saja. Anda tidak harus terus mengangkat cerita lama yang penuh dengan momen menyakitkan. Karena jika Anda melakukannya maka Anda akan menjadi buta pada saat ini. Anda dihadapkan pada situasi dimana Anda sedang berusaha mengatasi banyak kenangan emosional di masa lalu dan jika terus dilakukan hal ini akan sangat melelahkan dan memengaruhi sudut pandang Anda.

Ketika hanya berurusan dengan saat ini, terlepas dari masa lalu, maka Anda akan mulai merespon pada apa yang terjadi saat ini dengan pendekatan rasional dan alasan kuat. Jika masa lalu terus muncul di hari ini, Anda akan merasa sangat kelelahan hanya karena mengatasi masalah-masalah kecil yang tidak perlu lagi diperjuangkan.

Masa lalu terkadang menjadi salah satu isu paling penting yang harus diperhatikan. Banyak dari kita yang sulit mengatasi hal ini karena terus terjebak dalam cerita lama tentang anak kita yang terpancang kokoh di dalam kepala. Jangan sampai orangtua tidak menyukai anak sendiri karena menggenggam amarah yang tidak juga reda.

Hal itu tidak sehat dan Anda akan sulit menemukan kedamaian. Anda akan sulit menemukan solusi saat harus berhadapan dengan anak-anak karena reaksi emosi yang terus memangkas kedamaian Anda. Mulai dari sekarang, adalah penting untuk mulai menyadari bahwa semua cerita di masa lalu sudah terjadi dan selesai. Anda harus bisa melangkah dengan damai di hari ini bersama anak-anak dengan bahagia dan menyenangkan.

Bangun keharmonisan hubungan orang tua dan anak dengan bantuan Parenting Coach kami. 

Related Posts