Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Menambah Rasa Percaya Diri
Self-Growth Coaching

Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Menambah Rasa Percaya Diri

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Rasa percaya diri adalah suatu rasa mempercayai kemampuan, kualitas, dan penilaian pada diri seseorang. Kepercayaan diri secara umum merupakan rasa percaya dan yakin akan kemampuan diri untuk mengendalikan hidup, atau situasi tertentu secara spesifik. Contohnya, Anda mungkin percaya diri dalam suatu area tertentu tetapi kurang percaya diri di area lainnya.

Memiliki rasa percaya diri yang sehat bisa membantu Anda meraih sukses dalam kehidupan pribadi atau professional. Rasa percaya diri memberikan motivasi pada individu untuk mencapai goal dan keberadaan dirinya juga akan memberi dampak bagi orang lain. Apa saja manfaat dari memiliki rasa percaya diri yang sehat? Dan apa yang harus dilakukan agar kita menjadi lebih percaya diri?

Karakteristik orang yang percaya diri adalah sebagai berikut:

1. Ikut Bahagia dengan kesuksesan orang lain

2. Berpikiran terbuka

3. Berpikir positif

4. Berani mengambil risiko

5. Mampu menertawakan diri sendiri

6. Berani mengambil keputusan

7. Selalu belajar dan bertumbuh

8. Mengakui kesalahan

9. Menerima tanggung jawab

Namun sebaliknya, orang yang kurang percaya diri atau insecure memiliki karakteristik seperti di bawah ini:

1. Mudah menilai orang lain dan gampang iri

2. Berpikiran sempit

3. Pesimis

4. Tidak berani menghadapi tantangan

5. Menyembunyikan kekurangan

6. Tidak berani mengambil keputusan

7. Berperilaku paling tahu segalanya

8. Selalu beralasan

9. Menyalahkan orang lain

Tapi tenang, ada beberapa hal yang bisa membuat Anda lebih percaya diri, dan mungkin strategi ini bisa membantu.

Baca juga Bagaimana Ketidakamanan (Insecurity) Berdampak Pada Kesehatan Mental

Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain itu karena kita iri. Semakin besar rasa iri tersebut maka kita akan merasa diri kita semakin buruk. Jika Anda merasa iri pada hidup orang lain, ingatkan diri Anda tentang kekuatan dan kesuksesan yang dimiliki. Lihatlah diri Anda dan dan fokus pada diri sendiri, bukan pada hidup orang lain.

Pandai Memilih Teman dan Lingkungan

Konon, perilaku kita merupakan cerminan dari pertemanan dan lingkungan dimana kita berada, maka perhatikanlah apakah teman-teman Anda membuat diri Anda nyaman? Apakah mereka selalu memotivasi atau malah membicarakan Anda di belakang? Jika Anda merasa buruk setelah bergaul dengan teman-teman dan lingkungan tertentu, mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk menarik diri karena pengaruh yang Anda dapatkan tidak membuat Anda berkembang.

Merawat Tubuh

Akan sulit untuk percaya diri jika Anda tidak merawat tubuh Anda sendiri. Jika Anda bisa menjaga, merawat diri dan melakukan hal positif untuk pikiran, tubuh, jiwa Anda maka secara alamiah Anda akan merasa lebih percaya diri.

Baik Hati Pada Diri Sendiri

Menyayangi diri sendiri ketika Anda melakukan kesalahan, gagal, atau mengalami kemunduran adalah penting. Itu adalah suatu cara dimana Anda mampu mengelola emosi lebih fleksibel dan mampu menavigasi emosi yang menantang, juga membuat Anda lebih terhubung dengan diri sendiri dan orang lain.

Latihan Bicara Pada Diri Sendiri

Berbicara pada diri sendiri artinya Anda melihat lebih jauh ke dalam diri. Hal ini bisa menguatkan rasa cinta kasih, mengatasi keraguan dalam diri, dan berani menghadapi tantangan baru. Namun, bicaralah dengan positif, karena bicara dengan cara negatif akan membatasi kemampuan dan mengurangi rasa percaya diri. Contohnya, ketika Anda bicara pada diri Anda, “Ah, kamu gak akan bisa melakukan hal itu. Susah,” maka Anda artinya menanamkan sugesti ke alam bawah sadar Anda bahwa Anda tidak mampu menjawab tantangan.

Menaklukkan Rasa Takut

Jangan biasakan menunda sesuatu (misalnya ingin mengajak seseorang untuk kencan atau mengajukan permintaan untuk promosi jabatan) sampai Anda merasa percaya diri karena cara terbaik membangun kepercayaan diri adalah berhadapan dengan rasa takut. Hentikan berpikir jika Anda takut mempermalukan diri sendiri atau takut mengacaukan sesuatu, berhentilah seperti itu. Jangan takut untuk mencoba, yakinkan diri Anda bahwa Anda sedang uji coba dan lihat apa yang terjadi kemudian.

Membuat kesalahan atau merasa gugup tidaklah buruk, itu adalah hal normal. Setiap kali Anda bergerak maju maka Anda akan menambah rasa percaya diri dimana pada akhirnya Anda bisa mengambil keputusan dengan risiko konsekuensi negatif yang minim.

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami.

Related Posts