Hal yang Perlu Diketahui Saat Menetapkan Kisaran Gaji
Business Coaching

Hal yang Perlu Diketahui Saat Menetapkan Kisaran Gaji

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Kisaran gaji tergantung pada bidang yang Anda geluti. Menetapkan kisaran gaji adalah bagian penting dari proses pencarian kerja. Mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai ketika mencoba mencari tahu berapa jumlah gaji yang akan kita sebutkan. Rentang gaji bervariasi dari industri ke industri, ukuran perusahaan, jenis posisi dan lokasi, jadi penting untuk mengetahui apa pilihan Anda sebelum memasuki proses negosiasi.

Beberapa pertanyaan bagus untuk dipikirkan ketika Anda akan mengajukan kisaran gaji saat melamar kerja:

1. Level keahlian

2. Pengalaman di bidang yang Anda kuasai

3. Level pendidikan

4. Lamanya waktu kerja pada satu perusahaan

Penting untuk bersikap setransparan mungkin tentang nilai dan ekspektasi Anda. Ada beberapa risiko serius jika Anda tidak jujur dalam resume. Rasanya kita tidak perlu mengambil risiko semacam itu. Ketika sedang dalam situasi wawancara untuk posisi baru, penting untuk mengetahui rentang gaji yang ditawarkan sehingga Anda dapat bernegosiasi dari posisi terbaik.

Saat ini, kita hidup di dunia di mana orang dapat berganti pekerjaan cukup sering dan tidak ada jaminan pekerjaan jangka panjang. Ada baiknya Anda tidak menerima tawaran tanpa bernegosiasi terlebih dahulu karena selalu ada ruang untuk perbaikan atau diskusi.

Misalnya jika Anda seorang copywriter, maka gaji seorang copywriter dapat bervariasi tergantung pada industri, jenis copywriter, dan keterampilan copywriter. Copywriter adalah profesional yang menghasilkan konten untuk pengiklan dengan menulis skrip iklan, materi promosi, atau konten lain yang akan digunakan untuk mempromosikan atau menjual produk atau layanan tersebut. Umumnya gaji rata-rata seorang copywriter profesional adalah sekitar $50 per jam. Gaji tingkat pemula untuk copywriter adalah sekitar $35-45 per jam sementara penulis senior dengan lebih dari lima tahun pengalaman dapat memperoleh hingga $65-85 per jam.

Baca juga 3 Alasan Mengapa Pilihan Karir Itu Sangat Penting

Bagaimana cara menetapkan kisaran gaji agar Anda bisa menyebutkannya dengan meyakinkan pada calon perusahaan tempat Anda melamar kerja?

1. Kompilasikan deskripsi pekerjaan Anda dengan akurat

Lakukan riset posisi pekerjaan yang akan Anda lamar untuk mengetahui ruang lingkup pekerjaan yang dilakukan setiap harinya. Cari tahu juga keahlian seperti apa yang diperlukan untuk posisi tersebut. Informasi ini akan menjadi perbandingan yang cukup bisa diperhitungkan sesuai posisi pekerjaan yang Anda inginkan.

2. Evaluasi posisi pekerjaan

Beberapa posisi dalam perusahaan dibayar lebih besar berdasarkan beberapa faktor, termasuk tingkat keahlian, tanggung jawab, dan pengalaman yang diperlukan. Posisi eksekutif umumnya dibayar lebih tinggi daripada posisi manajerial, misalnya seorang analis dibayar lebih besar daripada seorang asisten manajer.

3. Riset pasar

Lakukan riset untuk mendapat informasi posisi pekerjaan yang Anda inginkan secara lengkap agar Anda bisa menentukan kisaran gaji terkini untuk diajukan ke perusahaan yang Anda tuju. Pastikan perbandingan pekerjaan ini adil dan akurat dengan tak hanya melihat jenis pekerjaan tetapi juga tanggungjawabnya.

4. Pertimbangkan marjin kenaikan gaji

Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan ketika memperkirakan kisaran gaji adalah adanya peluang peningkatan marjin gaji yang sesuai. Hal ini merujuk pada jumlah gaji, biasanya dalam persentase dimana Anda mendapatkan kenaikan gaji rutin setiap tahun berganti. Ketika Anda mendapatkan promosi, pastikan Anda mendapat kenaikan yang layak dan sesuai dengan jenis pekerjaan yang diemban.

Jadi, mengetahui kisaran gaji adalah penting dimana kisaran gaji ini merupakan indikator dari gaji rata-rata posisi atau jabatan yang Anda inginkan. Ingatlah untuk mendiskusikan kisaran gaji beserta tunjangan lainnya selama wawancara berlangsung untuk mengetahui apakah perusahaan memberikan penawaran yang cukup memuaskan.

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami.

Related Posts