I am Good Enough
Career Coaching

I am Good Enough


Dalam dunia profesional, kita pasti pernah bertemu atau kerjasama dengan karyawan yang punya kecenderungan untuk self pity, sering merasa tidak cukup baik, tidak dihargai, sering berpikir jika dirinya menjadi bahan gunjingan orang sekantor, perlu orang lain untuk membujuk dan memberi dukungan.
Orang yang suka mengasihani diri cenderung merasa kurang, suka membandingkan diri dengan orang lain dan merasa iri dengan pencapaian orang lain. Pada akhirnya, orang ini sulit sekali merasa bahagia dan mencapai potensi diri yang maksimal. Kondisi ini pasti membuat lelah mental, jiwa dan parahnya bisa menyerang fisik juga. 

Small gratitude

Lalu, apakah kita sama sekali tidak boleh merasa iba terhadap diri sendiri? Tentu saja boleh dan sangat manusiawi, namun jangan berlebihan. Tarik nafas dalam dalam, pikirkan hal hal kecil yang baik dan menyenangkan, misalnya udara yang segar, air yang bersih, makanan yang enak, dan ucapkan syukur untuk semua hal kecil yang membahagiakan.

Baca juga 10 Skills di Era Revolusi Industri 4.0


Lakukan semua hal yang kita suka dan bisa. Olahraga, memasak, bertanam, crafting, apapun kegiatan yang membuat hati dan pikiran tenang. Kondisi ini membantu melihat hal hal baik di sekitar kita, mampu melihat jauh ke dalam diri dan fokus pada apa yang kita miliki saat ini. Kita akan sadar bahwa sebenarnya kita memiliki kekuatan dan kelebihan yang selama ini tidak disadari.

Help others

Menolong orang lain membantu kita merasa 'lebih' dan melihat sesuatu dari perspektif yang lain. Problem target kerjaan yang meleset akan terlihat lebih kecil dibandingkan dengan masalah orang yang tidak dapat makan dan tidak punya tempat tinggal. Volunteering membuat kita percaya bahwa kita mampu membantu orang lain, menumbuhkan passion dan empati.

Be positive

Pikiran positif mendorong kita menjadi percaya diri dan optimis, bisa mencari kesempatan dan jalan untuk memecahkan masalah. Buat rencana sederhana yang pasti bisa dijalankan. Satu rencana berhasil, buat lagi rencana baru. Dari plan kecil, bergerak menjadi hal yang besar.

Asking for help

Jika kita merasa sulit untuk keluar dari kondisi ini, ada baiknya minta bantuan coach atau mentor untuk membantu kita melihat dan menemukan kekuatan dan potensi diri.
#loveyourself#careerCoach#smallGratitude

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami. 

{$detail->author->name}}
Budiastuti, CPC

Career & Leadership Coach Check the profile at https://visecoach.com/budiastuti

Related Posts