Kekuatan Kemenangan Kecil dalam Meraih Sukses
Leadership Coaching

Kekuatan Kemenangan Kecil dalam Meraih Sukses

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Tahukah Anda bahwa kesuksesan adalah realisasi progresif dari tujuan dan impian Anda yang berharga? Kita semua menikmati kesuksesan dalam hidup, mulai dari menyelesaikan sekolah tinggi sampai mampu membayar lunas tagihan kartu kredit. Kesuksesan kecil ini yang menentukan apakah Anda akan menjadi milyuner di masa depan nanti. Kesuksesan kecil ini yang menjadi pendorong dalam proses kehidupan yang dilakoni sekarang.

Kemenangan kecil tak hanya memberikan semangat tinggi bagi individu secara emosional, tetapi juga meningkatkan motivasi secara intrinsik dari apa yang sedang dilakukan dengan kreatif saat ini. Seseorang bisa melacak kemajuan secara bertahap menuju tonggak yang lebih besar sambil merayakan pencapaian kecil dalam perjalanannya.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan kemenangan kecil itu?

Kemenangan atau keberhasilan kecil merupakan suatu titik kemajuan dalam perjalanan seseorang menuju sebuah tujuan. Sebagai contoh, Anda sedang berusaha untuk bisa keluar dari jeratan hutang yang besar dimana usaha ini menjadi sebuah tugas yang menakutkan dan terkadang mengecilkan hati karena melibatkan banyak hal. Fokus pada kemenangan kecil akan membantu Anda memecahkan tujuan besar menjadi bagian-bagian kecil yang bisa dikelola dengan baik.

Baca juga Dampak Pemimpin dan Kepemimpinan yang Baik pada Masyarakat

Mengapa kemenangan kecil itu penting?

Ketika memiliki satu tujuan besar dan jelas di dalam pikiran kita maka merayakan keberhasilan kecil itu menjadi penting karena akan membantu Anda semakin dekat dengan tujuan besar yang diinginkan. Ketika Anda mengambil tindakan dan merayakan kemenangan kecil itu pada dasarnya Anda sedang menghargai diri sendiri untuk setiap batu loncatan yang Anda buat. Merayakan kemenangan kecil itu baik karena akan membuat Anda bahagia, dan dengan banyaknya kemenangan kecil yang Anda rayakan maka Anda akan makin sering merasa bahagia.

Satu contoh lain dari suatu kemenangan kecil adalah ketika Anda memutuskan untuk berolahrga selama lima belas menit setiap pagi sebelum mulai mengerjakan tugas. Jika Anda mampu memenuhi niat itu maka Anda sudah menciptakan kemajuan menuju kemajuan yang lebih besar kemudian. Karena memang tidak mudah untuk melaksanakan suatu niat dan melakukannya secara konsisten. Namun begitu, yang paling penting adalah Anda mampu membuat kemajuan setiap harinya, terlepas apakah kemajuan itu kecil atau besar.

Jika kita berkaca pada kesuksesan orang lain misalnya John Grisham, dimana dia bisa menjual lebih dari 300 juta eksemplar buku di seluruh dunia, maka ada proses dan kemajuan kecil yang dicapaikan sepanjang perjalanan menuju kesuksesannya. Grisham memberikan saran pada para penulis yang ingin mendapat kesuksesan sama dan berkata, “ Menulis satu halaman setiap hari dan lakukan hal itu selama dua tahun maka Anda akan memiliki satu novel yang cukup panjang. Tapi, tidak akan terjadi apapun sampai Anda bisa menulis setidaknya satu halaman per hari.”

Jerry Seinfeld, seorang komedian terkenal sepanjang masa memberikan saran bagi calon komedian, “Cara menjadi komika yang lebih baik adalah dengan membuat lelucon yang lebih baik juga, caranya dengan menulis setiap hari.” terbukti bahwa kemenangan kecil itu memberi Anda kekuatan untuk mengubah diri sendiri dan juga hidup Anda. Jadi, bergeraklah lebih dekat ke tempat yang Anda inginkan dan lebih dekat dengan orang yang Anda inginkan maka Anda akan mendapatkan versi terbaik dari diri Anda.

Maksimalkan potensi kepemimpinan Anda dengan bantuan Leadership Coach kami.

Related Posts