Kepemimpinan Kreatif dan Karakteristiknya
Leadership Coaching

Kepemimpinan Kreatif dan Karakteristiknya

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Tahukah Anda bahwa istilah Creative Leadership atau kepemimpinan kreatif banyak digunakan di dunia bisnis belakangan ini? The Economist’s menyebutkan bahwa kurangnya kreatifitas dianggap sebagai kelemahan serius dalam proses perekrutan karyawan baru di banyak perusahaan. Kreatifitas juga dianggap sebagai kualitas leadership yang paling penting hari ini.

Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan kreatif?

Kepemimpinan kreatif merupakan kemampuan untuk menciptakan dan mewujudkan solusi yang inovatif terutama dalam menghadapi situasi yang kompleks atau seringkali berubah. Istilah ini merujuk pada seseorang yang, ketika perubahan dan cara pendekatan baru belum diketahui, dia dapat menetapkan tujuan yang jelas bagi timnya.

Sosok seperti ini merupakan pemimpin yang berupaya menentukan arah dan mencari keuntungan dari situasi tak terduga di sekelilingnya. Bukan hanya untuk organisasi atau dirinya sendiri, tetapi juga untuk masyarakat secara luas dan keberlangsungan ekologi planet ini.

Kebutuhan akan kepemimpinan kreatif tidak hanya tentang keunggulan kompetitif saja tetapi ada aspek lainnya. Dan Palotta dalam Harvard Business review menyebutkan bahwa kreatifitas terbaik berasal dari keinginan untuk memberikan kontribusi pada kehidupan orang lain, baik dengan cara memperkenalkan sesuatu yang bisa meningkatkan kualitas hidup atau menunjukkan pada banyak orang sesuatu hal yang tak mungkin sebenarnya mungkin saja terwujud.

Ketika Anda bisa mengubah persepsi orang lain maka Anda berkontribusi menyumbangkan harapan bagi masa depan mereka. Tiga hal yang membuat kepemimpinan kreatif diperlukan sekarang ini adalah karena dunia ini berubah, bisnis berubah, dan orang-orang juga berubah.

Baca juga Cara Menjadi Pemimpin yang Tepat Bagi generasi Milenial

Meski kepemimpinan kreatif tidak hanya terbatas pada usahawan, namun pemimpin kreatif berbagi karakteristik seorang pengusaha, seperti berikut ini:

1. Siap beradaptasi dengan perubahan

Para pemimpin kreatif mendapatkan wawasan dari bidang yang tidak berhubungan dengan pekerjaannya dan dari pertemuan yang kerap tidak terduga. Mereka memupuk jaringan pertemanan yang luas dengan harapan untuk membangun nilai yang signifikan. Mereka juga terbuka untuk diskusi dan menerima gagasan dari orang lain. Jika ada perspektif yang kontradiktif, memicu konflik, paradok, dan ambigu pun mereka akan terbuka untuk itu. Dan, pemimpin kreatif bisa mengenali dan menghadapi asumsi yang mendukung realita.

2. Memiliki visi dan tujuan yang jelas

Para pemimpin kreatif berpikir secara global, strategis, dan menatap dampak yang luas. Mereka memiliki kesadaran sosial dan keterhubungan secara holistic. Mereka menunjukkan kesadaran diri dan mindfulness, terhubung denga napa yang terjadi saat ini di sekelilingnya, menunjukkan rasa kasih pada orang lain, rendah hati, dan berperilaku terbuka.

Karakteristik utama menjadi pemimpin yang baik adalah kemampuan menerjemahkan peluang ke dalam konsep usaha yang inovatif melampaui model bisnis yang ada sebelumnya.

3. Manajemen tim dan pengembangan keahlian

Pemimpin kreatif mampu menarik anggota tim yang bisa meningkatkan kualitas dan keragaman kolektif. Mereka bisa merancang proses kreatif yang memungkinkan pembelajaran dan pengembangan diri bagi anggotanya sehingga bisa terus bekerja menghadapi perubahan yang kian tak terbendung.

Mereka paham nilai apa yang penting dalam kehidupan seseorang sehingga bisa mengambil tindakan yang sesuai dengan proporsi dan otentik. Para pemimpin kreatif adalah orang yang transparan dan jujur, berjalan harmonis dengan niat, perkataan, kehadiran, dan tindakannya. Mereka membangun budaya organisasi yang memupuk dan menyambut gembira ide orang lain, menyingkirkan hambatan, dan menawarkan insentif untuk memperkuat perubahan yang sedang dicari.

4. Berani mengambil risiko dan pembelajar

Pemimpin kreatif menciptakan urgensi dan berbagi keniscayaan untuk bekerja menuju masa depan yang lebih baik bagi semua, sehingga menginspirasi orang lain untuk bertindak.

Mereka berani melangkah ke bidang baru, tidak dibatasi oleh logika atau institusi saat ini, dan memilih untuk merangkul ketakutan daripada menghindarinya.

Karakteristik lain dari kepemimpinan kreatif adalah kemampuan mempertahankan fokus terhadap dampak sosial jangka panjang sambil sigap menangkap peluang yang muncul dan mengatasi tantangan untuk menjaga perusahaan tetap bertahan.

Maksimalkan potensi kepemimpinan Anda dengan bantuan Leadership Coach kami.

Related Posts