Langkah Mudah Menjadi Freelancer Sukses
Career Coaching

Langkah Mudah Menjadi Freelancer Sukses

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Di tahun 2022 ini semakin banyak professional yang terampil di bidang tertentu memperoleh pendapatan sebanyak yang mereka pikirkan. Uang yang didapatkan adalah fleksibel sesuai dengan keputusan mereka atas pekerjaan apa yang akan diambil berdasarkan keseimbangan kehidupan kerja yang diinginkan.

Tanpa perlu berangkat ke kantor dan bekerja dari rumah menjadi pilihan banyak orang hari ini. Tidak terikat pada kontrak atau ketentuan yang kaku juga menjaid pilihan orang untuk menjadi freelancer. Atau, menjadi pekerja kantoran juga freelancer juga menjadi pilihan popular dimana pekerjaan freelancer bisa menambah penghasilan yang tetap ada setiap bulannya.

Menjadi freelancer juga menawarkan control yang lebih besar atas pekerjaan yang diambil. Dan, kini pekerjaan sebagai freelancer telah berkembang jauh lebih besar dari sebelumnya. Kini, pekerja lepas juga dapat menetapkan harga dan memilih proyek yang sesuai dengan minat juga keterampilan mereka.

5 Faktor Penting Menjadi Freelancer Sukses

Harga seorang pekerja lepas adalah fluktuatif berdasarkan banyak variable yang terdapat di dalamnya. Di bawah ini lima faktor paling umum untuk menetapkan harga pekerja lepas.

1. Pengalaman

Faktor pengalaman merupakan faktor yang sangat bernilai di bidang kerja apapun. Harga pekerja lepas akan bertambah tinggi seiring dengan bertambahnya pengalaman mereka di bidang yang digelutinya.

2. Keahlian spesifik

Seorang pekerja lepas bisa menetapkan harga tinggi jika ada permintaan keahlian tinggi di bidang teknis tertentu seperti programming, mobile app development, atau juga penulisan akademis atau legal.

3. Pendidikan dan pelatihan

Memiliki sertifikasi edukasi dan pelatihan akan meningkatkan rate seorang pekerja lepas. Meskipun harganya bervariasi dari satu profesi dengan profesi lainnya, namun pekerja lepas yang memiliki sertifikasi biasanya bisa melakukan negosiasi harga yang lebih tinggi untuk keahlian yang dimilikinya.

4. Portfolio

Hasil kerja yang didapatkan dari proyek terdahulu merupakan cara mudah suatu perusahaan untuk meninjau performa seorang freelancer. Tinjauan positif atas portfolio yang dimiliki akan membuktikan kredibilitas pekerja lepas tersebut, dimana hal ini akan membuat mereka bis amengajukan harga lebih tinggi.

5. Lokasi

Meskipun pekerja lepas bisa bekerja di wilayah mana pun di seluruh dunia, namun lokasi klien juga menentukan harga. Sebagai contoh, harga yang ditawarkan klien di Papua tidak akan sama dengan harga yang ditawarkan oleh klien di Jakarta.

Baca juga Manfaat Growth Mindset untuk Peningkatan Karir

Ada banyak manfaat menjadi seorang pekerja lepas, namun tidak ada keberhasilan yang instan, semuanya memerlukan proses. Dengan teknologi yang semakin maju, pekerjaan lepas bisa ditemukan di banyak platform dan Anda juga bisa menunjukkan diri ke banyak perusahaan, bisnis dan professional lainnya menggunakan teknologi.

Bagaimana cara menjadi freelancer yang efektif dan menarik perhatian banyak klien? Berikut ini beberapa langkah penting yang bisa Anda lakukan.

1. Bergabung dengan platform freelancer

Poin utamanya adalah menjual keahlian Anda di tempat yang dipenuhi oleh orang-orang yang membutuhkan keahlian tersebut. Buatlah profil diri yang professional untuk menunjukkan skill set, pengalaman, pendidikan, portfolio dan informasi dasar Anda lainnya. Dengan begitu, calon klien bisa meninjau profil Anda sebelum memutuskan untuk mempekerjakan Anda.

2. Publikasi

Mempublikasikan kemampuan Anda tidak hanya dilakukan di platform tertentu saja, tapi juga melalui lingkaran sosial dan tunjukkan skill set yang dimiliki pada semua orang yang mengenal Anda secara personal. Dengan car aini mungkin kenalan Anda, saudara, teman, atau bahkan temannya teman Anda bisa menjadi klien potensial juga.

3. Spesifikasi

Kesalahan umum yang dilakukan oleh freelancer adalah kemampuan yang ditunjukkan terlalu luas dan tidak spesifik. Misalnya, mencantumkan “penulis” atau “desainer grafis” tidak menarik perhatian klien, karena kebanyakan klien mencari freelancer yang bisa melakukan suatu pekerjaan secara spesifik. Cobalah untuk mencantumkan “penulis produk teknologi” atau “penulis artikel informatif” jika Anda seorang penulis.

4. Aktif dan responsif

Hindari membuat akun di platform freelancer lalu meninggalkannya begitu saja. Anda harus bersikap proaktif dan mencari proyek yang sesuai dengan kriteria Anda di platform tersebut. Ketika akun terlihat aktif dan responsive maka calon klien juga akan melihatnya. Jika Anda seorang pemula, pertimbangkan untuk mencantumkan harga yang tidak terlalu rendah, namun cantumkan harga yang masuk akal, agar calon klien tidak menganggap Anda hanya iseng semata.

5. Terbuka

Jika Anda sudah mendapat seorang klien maka pastikan hasil kerja Anda memuaskan atau bahkan di luar ekspektasi klien tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mengatakan pada klien bahwa Anda terbuka untuk kembali bekerja dengannya di kemudian hari. Jika Anda menyelesaikan tugas dengan buruk maka Anda akan sulit mendapatkan kepercayaan dari klien manapun.

6. Bekerjasama

Jangan terlalu percaya diri yang berlebihan. Ketika seseorang mempekerjakan Anda untuk suatu proyek besar yang tidak bisa dilakukan sendiri, maka informasikan pada klien bahwa Anda membutuhkan tambahan tenaga untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Klien akan menghargai kejujuran dan transparansi Anda dan mempercayai komitmen Anda untuk menyelesaikan tugas dengan baik.

Kesuksesan tentu saja tidak bisa dicapai dalam waktu satu malam. Anda harus bekerja keras untuk mewujudkannya menggunakan asset dan skill set yang Anda miliki. Jika Anda memerlukan saran dan tambahan pengetahuan bagaimana mengelola karir dan bisnis freelancer, maka dapatkan paket pembelajarannya disini dimana Anda juga akan didampingi oleh seorang Career & Business Coach untuk membantu Anda mencapai kesuksesan sebagai freelancer.

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami.

Related Posts