Leadership dan Investasi
Leadership Coaching

Leadership dan Investasi


Bekerja adalah sebuah investasi, dan investasi tersebut bersifat jangka panjang (kalau jangka pendek trading), dan dalam berinvestasi atau sebelum berinvestasi  akan timbul sebuah pertanyaan Untungnya Buat Saya Apa (UBSA), setelah mendapatkan kejelasan maka dibuatlah keputusan untuk mau melakukan investasi tersebut.

UBSA merupakan suatu pemikiran atau pertanyaan yang umum dan terjadi pada setiap anggota team  pada saat anggota team tersebut diminta mengerjakan suatu tugas tambahan, atau menjadi PIC dari sebuah proyek, bekerja diluar ekspektasi dan tidak hanya sekadar memenuhi job desknya.

Investasi merupakaan suatu bentuk usaha untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dalam waktu jangka panjang (ada faktor fluktuasi) dan membutuhkan kesabaran, serta keuntungan tersebut akan menjadi nyata bila mau melakukan investasi seawal mungkin.

Baca juga Membangun Jembatan Bersama Team Menuju Peningkatan Karir

Perumpaan mengenai Investasi dan UBSA tersebut diatas dapat dipergunakan seorang leader kepada anggota team untuk membuka wawasan, kesadaran baru, memberdayakan semua potensi anggota team, membentuk perilaku kerja baru dari anggota teamnya serta memiliki harapan untuk berkarir (investasi).

Anggota team dengan mengetahui kondisi tersebut diatas, maka sebagian besar akan mau berubah, mau memiliki budaya kerja baru, mau melakukan sesuatu yang melebihi ekspektasi, mau maju dll. Efek ini akan menjadi lebih dasyat, bila karir atau kompetensi dari anggota team tersebut mulai menunjukkan suatu perubahan atau kemajuan dalam organisasinya mulai terasa, sehingga sisa anggota team yang lainnya akan mau mulai meniru untuk melakukan hal yang sama.

Istilah investasi dan UBSA Ini menjadi penting karena sifat kita sebagai manusia mau melakukan sesuatu karena sudah memperoleh kejelasan atau meniru orang lain yang telah melakukan hal sama terlebih dahulu dan menunjukkan suatu hasil.

Bagi seorang leader dengan melakukan hal-hal diatas juga merupakan suatu investasi jangka panjang yang akan membawakan suatu keberhasilan dalam hasil prestasi kerja serta peningkatan kompetensi dalam mengelola organisasi (semakin dipercaya memanage organsiasi atau cabang dengan jumlah SDM yang lebih besar).

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami.

{$detail->author->name}}
Sewaka Kosasih Muljadi, CEC

Leadership & Self Growth Coach Check the profile at https://visecoach.com/sewaka-kosasih-muljadi

Related Posts