Mengapa Anda harus Gagal?
Self-Growth Coaching

Mengapa Anda harus Gagal?

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

“It is impossible to live without failing at something, unless you live so cautiously that you might as well not have lived at all, in which case you have failed by default.” — J.K. Rowling

Gagal, sama halnya dengan rasa sakit, merupakan bagian penting dalam kehidupan. Bahkan sebenarnya manusia itu perlu gagal. Setiap individu pasti pernah mengalami kegagalan beberapa kali. Bukan hanya kegagalan kecil, tetapi juga kegagalan besar. Kegagalan yang menggoncangkan dunia Anda, membuat Anda harus mengubah seluruh strategi di banyak aspek seperti hubungan cinta, keuangan, atau kesehatan mental.

Jika Anda pernah mengalami goncangan besar itu maka sepertinya Anda juga sering mengalami kegagalan-kegagalan kecil. Kegagalan bukan untuk dinikmati namun untuk dijadikan pelajaran yang bisa membentuk Anda menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Bahkan, kegagalan adalah guru yang baik.

Seperti pahat alami yang mengikir kelebihan ego untuk membentuk pribadi yang lebih baik lagi. Tanpa pernah mengalami kegagalan maka individu akan kurang peka, kurang bisa berempati, kurang bisa menyebarkan kebaikan dan sulit mencapai tujuan hidup yang besar. Karena melalui kegagalanlah kita mendapat pelajaran terbesar tentang kehidupan dari kehidupan itu sendiri.

Baca juga Abundance in Self-Love

Berikut beberapa hal yang menjadikan kegagalan bukanlah hal buruk:

1. Kegagalan akan menganalisa potensi diri

Anda tidak akan pernah tahu seberapa jauh kemampuan Anda jika tidak pernah gagal. Ketika gagal mencapai objektif maka Anda akan melakukan usaha lebih keras untuk bisa mencapainya. Hal seperti ini akan membuat Anda mengobservasi lebih jauh tentang potensi diri Anda. Kegagalan akan mengingatkan Anda pada kesalahan yang pernah dilakukan dan melakukan pendekatan yang benar untuk menghindari kesalahan sama di masa depan.

2. Kegagalan adalah belajar mencari alternatif baru

Kegagalan memberi Anda kesempatan untuk menyadari adanya alternative lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Setiap orang memerlukan visi yang tepat dengan pikiran positif. Kegagalan memberitahu Anda telah melalui jalan yang salah dan strategi yang kurang tepat. Belajar dari kegagalan mungkin merupakan cara terbaik untuk meluaskan perspektif diri.

3. Kegagalan membuka kesempatan lain untuk sukses

Orang yang menyerah pada kegagalan akan sulit mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Kegagalan artinya membuka peluang lain untuk sukses. Anggap diri Anda sebagai orang yang beruntung mendapat kesempatan kedua karena semesta tidak serta merta memberi kesempatan kedua pada setiap orang. Anda termasuk orang istimewa karena gagal dan memiliki kesempatan kedua.

4. Kegagalan membuat Anda belajar dan tumbuh

Kita tidak bisa belajar dan tumbuh tanpa kesalahan. Kita semua adalah manusia bukan robot. Seekor burung belajar terbang setelah mengalami kegagalan ratusan kali, tapi burung tidak menyerah. Cara inilah yang harus kita tiru. Gagal satu kali tidak menjadikan Anda gagal terus menerus. Kegagalan merupakan cara yang baik untuk mengeksplorasi kemampuan lebih jauh lagi dan belajar untuk memanfaatkan peluang lebih baik lagi.

5. Kegagalan membuat Anda belajar menemukan teman yang sesungguhnya

Anda akan belajar mengetahui siapa teman sesungguhnya ketika Anda kecewa dan membutuhkan dukungan untuk kembali bangkit. Hanya teman sejati yang bisa memotivasi dan membuat diri Anda merasa lebih baik. Kebanyakan kita tidak menyadari bahwa teman yang dianggap sahabat ternyata tidak tulus. Namun jika seseorang mau memotivasi Anda dan membantu juga memberi dukungan saat Anda membutuhkannya, maka orang tersebut adalah teman yang bisa diandalkan.

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami. 

Related Posts