Move-on Dari Hubungan Cinta Yang Gagal
Love Coaching

Move-on Dari Hubungan Cinta Yang Gagal

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Mengakhiri sebuah hubungan cinta bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, dan akan menjadi lebih sulit lagi jika masih ada cinta tersisa di antara kedua pihak. Patah hati mungkin bagai akhir dari dunia namun rasa sakit yang ditimbulkan dari perpisahan ini akan berlalu -dan tentu saja tidak akan mencegah Anda untuk jatuh cinta lagi.

Setidaknya Anda membutuhkan waktu minimal 11 minggu untuk merasa lebih baik setelah mengakhiri sebuah hubungan. Namun waktu penyembuhan ini relatif dan berbeda-beda bagi setiap individu karena cinta bagai emosi yang berantakan dan setiap hubungan memiliki kenangan dan rasa yang unik bagi setiap orang.

Berakhirnya sebuah hubungan cinta bisa menjadi lebih menyakitkan jika salah satu pihak tidak menginginkan hubungan itu berakhir. Namun, agar selalu diingat, pengalaman putus cinta ini tidak hanya dialami oleh Anda, namun juga dialami oleh jutaan orang di dunia dengan emosi yang serupa. Manusia memang ditakdirkan untuk membentuk sebuah hubungan dan jatuh cinta. Seiring dengan pengalaman jatuh cinta maka ada akan ada juga pengalaman putus cinta yang menyengat perasaan.

Hal ini wajar dan manusiawi. Begitu juga dengan rasa kecewa, sakit hati, marah saat hubungan berakhir meskipun hubungan itu sendiri mungkin tidak memberi dampak positif pada kehidupan Anda. Seperti yang dibilang banyak orang bahwa cinta itu buta dan cinta memiliki kemampuan untuk membutakan mata dan hati dari kekurangan orang lain.

Baca juga Bagaimana Memilih Pasangan Hidup Ideal

Namun, seperti halnya luka, patah hati akan pulih seiring berjalannya waktu. Bagaimana Anda bisa mencintai diri sendiri lebih dari sebelumnya dan memiliki pikiran yang positif maka Anda bisa move on. Berikut lima hal yang bisa dilakukan untuk membantu Anda move on dari hubungan cinta yang gagal dengan hati lapang:

1. Putuskan koneksi apapun dengan mantan

Yang paling pertama harus dilakukan adalah melaksanakan aturan ‘tidak ada kontak’ dengan mantan. Kenapa harus begini? Karena Anda harus membangun kembali kehidupan Anda tanpa ada mantan di dalamnya meskipun Anda tak ingin mengakhiri cinta atau masih memiliki banyak pertanyaan atas hal yang terjadi. Jangan dipikirkan kenapa Anda putus tapi yang harus menjadi fokus adalah Anda memang putus hubungan cinta dengan seseorang.

2. Ingatlah hubungan itu putus untuk sebuah alasan

Tuliskan setidaknya 10 alasan yang membuat hubungan cinta Anda tidak berjalan dengan baik. Lalu baca semuanya perlahan dan apakah semua alasan itu benar Anda alami selama ini. Penting untuk tahu bahwa tidak ada sebuah hubungan cinta yang sempurna. Kebanyakan orang cenderung melihat kembali kenangan yang indah saja namun lupa pada hal-hal yang tidak berjalan baik.

Cara seperti ini akan membawa Anda pada kenyataan lebih cepat dan mulai menyimpulkan sendiri bahwahubungan cinta ini tidak tepat untuk Anda. Dan Anda bisa move on.

3. Hilangkan mantan dari kontak media sosial

Putuskan koneksi Anda dengan mantan di Facebook, juga jangan ikuti ia di Twitter. Lakukan hal sama pada orang-orang yang terkoneksi dengan dengan mantan Anda di media sosial yang sama. Jika Anda tidak melakukannya maka Anda akan menghadapi godaan untuk ingin tahu tentang kehidupannya setelah hubungan cinta berakhir.

Sepertinya cara ini menyakitkan tapi jika Anda terus menerus melihat kehidupannya maka Anda akan menyiksa diri sendiri. Jangan biarkan diri Anda mengalami hal ini.

4. Merombak ruang pribadi Anda

Manjakan diri Anda dengan merombak ruang paling pribadi Anda di rumah, misalnya kamar tidur. Ganti sarung bantal dengan sarung baru dengan motif yang Anda sukai, atau mengganti cat tembo dengan warna baru dan menyingkirkan semua benda yang bisa mengaitkan Anda pada kenangan lama. Ciptakan kehidupan baru sesuai dengan yang Anda inginkan dan jangan terpaku pada kenangan lama.

5. Mulailah berjalan maju dengan kehidupan Anda

Banyak yang mengatakan bahwa pembalasan dendam paling menyenangkan adalah dengan memiliki kehidupan yang baik. Maksudnya adalah menjadikan diri Anda lebih baik lagi dengan memanfaatkan waktu dan energi untuk memperhatikan diri Anda sendiri. Lihat lagi prioritas hidup Anda dan tentukan arah mana yang akan Anda tempuh kemudian.

Suka atau tidak hubungan cinta Anda sudah berakhir. Semakin cepat Anda bisa mengatasinya maka Anda akan merasa semakin baik. Berhentilah memikirkan apa yang salah atau apa yang sebenarnya bisa dilakukan untuk menghindari perpisahan itu. Lebih baik Anda menerima dengan lapang dada situasi yang sebenarnya dengan begitu Anda akan lebih cepat pulih.

Wujudkan hubungan berpasangan yang ideal dengan bantuan Relationship Coach kami. 

Related Posts