Mengapa Coaching untuk Karier Penting di Zaman Sekarang?
Career Coaching

Mengapa Coaching untuk Karier Penting di Zaman Sekarang?

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Kita memiliki banyak keinginan dalam melakoni perjalanan hidupnya, termasuk macam-macam keinginan dalam karir dan pekerjaan.

Ketika seseorang ingin menurunkan berat badan maka mendaftarkan diri di gym dan mencari pelatih pribadi adalah salah satu usaha yang dilakukan. Ketika seseorang mengalami masa sulit maka dia berusaha mencari orang yang mau mendengarkan kisahnya atau menemui terapis untuk mendapatkan bimbingan.

Namun, saat orang membutuhkan bantuan dalam menentukan karir, jarang terlintas dalam pikiran mereka untuk menemui seorang Career Coach.

Career Coaching adalah suatu program personal di area karir yang membantu seseorang membuat keputusan atas jalur pengembangan karier di perjalanan profesional menjadi orang yang lebih baik dan sukses bekerja.

Coaching untuk pengembangan karier memberikan 3 manfaat bagi Anda untuk memulai perjalanan menuju karier impian yang memenuhi passion dan tujuan luhur.

1. Anda memiliki mitra berbagi dan mendengarkan soal karier

Anda memiliki mitra atau teman untuk berbagi dan mendengarkan situasi karier yang sedang Anda alami. Sebagai coach, orang tersebut bukan sekedar mendengarkan keluh kesah Anda, tapi juga membantu Anda menentukan langkah berikutnya dalam berkarir dan menetapkan tujuan yang jelas untuk meraih sukses.

Seorang Coach berperan untuk memberikan kunci untuk menilai situasi karir terkini, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri, mengidentifikasi potensi kesenjangan keterampilan dan merekomendasikan tindakan yang harus dilakukan.

Baca juga Fixed vs. Growth Mindset

2. Mendapatkan fokus kejelasan karier ideal

Anda akan mendedikasikan waktu untuk fokus terhadap karir. Sudah menjadi umum ketika seorang professonal ingin meninjau kembali karir mereka dan mendapatkan tantangan baru. Namun, kebanyakan gagal melakukannya akibat rutinitas harian yang tak terelakkan.

Seorang coach di area karier ini akan membantu Anda lebih tegas, memiliki tujuan yang realistis dan rencana aksi yang lebih jelas sehingga membuat Anda lebih mudah mengelola diri dan pekerjaan sesuai dengan objektif karir Anda.

3. Membuat strategi karier efektif

Sebagai seorang profesional yang ingin karirnya berkembang, tentunya Anda punya harapan, aspirasi, bahkan ide tentang karier ideal yang diinginkan.

Career coaching merupakan wadah untuk menuangkan itu semua. Dan tidak jarang, career coach akan menguji ide Anda dan memprovokasi agar ide tersebut terwujud dalam bentuk strategi yang realistis dikerjakan.

Misalnya saja, jika Anda berada di persimpangan jalan antara bekerja di perusahaan saat ini atau pindah ke tempat lain, career coach akan mengeksplorasi apa saja yang menjadi concerns Anda dan apa sesungguhnya harapan karier dalam jangka panjang.

Di contoh lain, bisa juga seorang career coach mendiskusikan cara-cara untuk lolos wawancara dan menyiapkan strategi cerdas untuk membuktikan diri bahwa Andalah yang terbaik.

Dengan bimbingan seorang Career Coach yang ahli dan berpengalaman, Anda dapat menemukan kejelasan atas aspirasi karier yang ideal, memberdayakan kekuatan dan yang paling penting menyiapkan tindakan-tindakan strategis untuk mewujudkannya.

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami.

Related Posts