Mengenal Lebih Dekat Seluk-beluk Growth Mindset
Self-Growth Coaching

Mengenal Lebih Dekat Seluk-beluk Growth Mindset

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Growth mindset menggambarkan tentang cara individu melihat tantangan dan kemunduran. Individu yang percaya dengan growth mindset yakin bahwa jika mereka berjuang dengan keahlian tertentu maka kemampuan mereka tidak terbatas pada yang tampak saja. Masih ada potensi dalam diri yang harus dibuka dan dikembangkan melalui proses belajar.

Sebaliknya, individu dengan keyakinan berbeda akan menganggap bahwa kemampuan yang dimiliki hanya sebatas tertentu dan tidak akan berubah. Mereka berpikir bahwa keahlian tidak akan tumbuh dan berkembang sekeras apa pun mereka berusaha.

Pemikiran tidak kaku. Seseorang bisa memiliki growth mindset di satu waktu dan di waktu lain memiliki fixed mindset. Ada pendekatan yang berbeda untuk setiap tantangan yang ada dan pola pikir seseorang bisa berubah seiring dengan berjalannnya waktu.

Namun, memiliki growth mindset memberikan banyak manfaat. Pola pikir seperti ini membantu individu membingkai ulang suatu pendekatan pada tantangan dan tetap termotivasi untuk bekerja dan mengembangkan keahliannya. Alih-alih mengatakan “saya tidak bisa melakukannya,” mereka akan mengatakan “saya akan bisa melakukannya nanti.”

Baca juga Mengenal Lebih Dalam 4 Ciri Growth Mindset

Teori growth mindset sendiri bukan termasuk teori baru. Konsep penelitian yang dilakukan oleh psikolog Carol Dweck dan rekan-rekannya pada anak-anak bisa diaplikasikan juga pada individu dewasa. Growth mindset tidak dimiliki seseorang sejak lahir. Siapapun bisa mengembangkan keyakinan bahwa segala hal dapat dipelajari, meski awalnya terlihat sulit namun jika dipelajari mungkin tidak akan terlihat sulit.

Mitos Growth Mindset

1. Anda memiliki growth mindset atau Anda tidak memilikinya. Hal ini tidak benar karena setiap individu memiliki kombinasi fixed mindset dan growth mindset dalam dirinya dimana dua pola pikir ini bisa berubah berdasarkan pengalaman dan feedback yang didapatkan.

2. Growth mindset adalah tentang berpikir positif. Hal ini kurang tepat karena growth mindset adalah tentang menerima feedback, belajar dari pengalaman, dan bangkit dengan strategi baru untuk lebih tumbuh dan berkembang.

3. Pujian membangun growth mindset. Hal ini tergantung dari hal apa yang mendapat pujian. Hal terpenting adalah bagaimana seseorang memiliki pendekatan pada tantangan, bukan sekeras apa mereka bekerja atau sesukses apa seseorang kini.

Perbedaan Growth Mindset, Pembelajaran, dan Pemikiran

Kita semua pernah merasakan ketika pada suatu waktu merasa stuck atau berjalan di tempat, atau merasa tidak menjadi lebih baik dalam melakukan hal tertentu. Namun, individu yang belajar dan berpikir berbeda seringkali mengalami kemunduran lebih banyak dari individu lain.

Mereka biasanya mengetahui bahwa dirinya tidak dapat melakukan suatu hal lebih baik dari orang lain dan meragukan kemampuan mereka untuk berkembang. Mereka mungkin merasa dihakimi dan dikritik. Dan, hal itu bisa membuat mereka merasa tidak nyaman dan menjadi salah satu hambatan untuk bertumbuh.

Memiliki growth mindset berdampak besar pada bagaimana seseorang melakukan pendekatan pada tantangan dan bagaimana mereka melihat dirinya sendiri.

Tips 1 Refleksi Positif

Terperangkap dalam pemikiran negative jauh lebih mudah ketika Anda terbiasa memikirkan tentang kemunduran. Alihkan fokus Anda dari “apa yang salah” menjadi “apa yang berjalan baik.”

Tips 2 Meminta Bantuan

Membutuhkan bantuan dan memintanya bukan tanda menunjukkan kelemahan diri. Mempersiapkan diri adalah tentang menciptakan solusi dan bukan hanya sekadar berjuang menghadapi tantangan.

Tips 3 Menerima Proses

Fokus pada langkah yang akan membawa Anda pada hasil, bukan fokus pada hasilnya. Dengan kata lain Anda fokus pada proses dan menerimanya dengan terbuka karena poin penting dari growth mindset adalah tentang belajar dan bertumbuh.

Bagian terbesar dari memiliki growth mindset adalah tidak membiarkan suatu kemunduran menjauhkan Anda dari usaha untuk terus tumbuh dan berkembang. Penting untuk diingat bahwa justru suatu kemunduran atau kegagalan bisa jadi merupakan jalan menuju kesuksesan.

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami.

Related Posts