Pentingnya Menemukan Kedamaian Diri
Self-Growth Coaching

Pentingnya Menemukan Kedamaian Diri

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Waktu telah memberi dan mengajari kita banyak hal tentang kehidupan. Beberapa menghasilkan perubahan hidup yang baik atau buruk, dan terkadang semua itu membuat kita kewalahan. Dari setiap perubahan yang ada, terutama perubahan tidak menyenangkan membuat kita kerap mencari kedamaian dalam diri.

Apakah Anda pernah mencari kedamaian diri selama proses perubahan yang terjadi dalam hidup? Atau mungkin Anda bertanya-tanya apa sebenarnya yang disebut dengan kedamaian diri itu sendiri? Menurut Barua (2014), kedamaian diri merupakan suatu keadaan dimana individu merasa damai secara mental dan spiritual sesuai dengan pengetahuan dan pemahaman yang cukup untuk membuat individu kuat menghadapi stress dan tekanan.

Ada sebagian orang yang menganggap bahwa sekali Anda menemukan kedamaian diri seakan Anda hidup tanpa motivasi atau semangat untuk meraih sesuatu. Sebaliknya, menemukan kedamaian diri menciptakan kejelasan yang membuat Anda fokus pada semangat untuk hidup.

Baca juga Pentingnya Pengembangan Diri

Mengetahui apa yang kita inginkan dalam hidup adalah langkah awal. Ketika Anda ditanya tentang apa keinginan terbesarmu dalam hidup dan Anda mampu menjawab tanpa berpikir lagi maka Anda sudah bisa mengidentifikasi keinginan terbesar Anda. Kedamaian diri bukan berarti hidup tanpa tekanan, namun ketika sesuatu hal terjadi maka Anda bisa mengatasinya tanpa berpikir berlebihan atau mempertanyakan segala sesuatunya berdasarkan pengalaman yang pernah Anda dapatkan.

Menemukan kedamaian diri bukan berarti tidak ada hal buruk yang bisa menimpa Anda, atau Anda selalu bahagia. Namun, menemukan kedamaian diri artinya Anda bis abelajat menghadapi tantangan dengan cara yang tepat tanpa mengganggu keseimbangan hidup Anda. Salah satu pelajaran terbaik dalam menemukan kedamaian diri adalah menjauhkan diri dari semua energi negatif yang ada di lingkungan kita.

Untuk diketahui, ada beberapa cara menemukan kedamaian diri dan kebahagiaan dalam hidup ini, sebagai berikut:

1. Menemukan kedamaian diri di alam

Berinteraksi dengan alam bisa meningkatkan kedamaian dalam diri, misalnya dengan cara berjalan-jalan menikmati alam secara teratur dengan menyingkirkan semua perangkat komunikasi yang selalu menempel pada kita. Menikmati semilir angin, mencium aroma hutan, menikmati buah-buahan dengan memetik langsung di alam, atau meresapi dinginnya air yang mengalir di sungai dikelilingi pepohonan hijau.

2. Meditasi

Keuntungan meditasi bagi kesehatan telah terdokumentasikan dengan baik oleh para ahli, termasuk mengrangi rasa gelisah, kekecewaan, atau depresi. Secara khusus, meditasi mindfulness telah menjadi cara yang baik untuk menguatkan diri seseorang, misalnya dengan melakukan meditasi duduk hening, meditasi sambil berjalan, atau meditasi dalam momen tertentu.

Meditasi adalah tentang fokus dan memusatkan perhatian tanpa penilaian pada pengalaman yang sedang terjadi saat ini. Singkatnya, meluangkan waktu beberapa saat setiap hari untuk berlatih meditasi mindfulness merupakan arah yang tepat untuk meningkatkan kedamaian diri dan kebahagiaan seseorang.

3. Bersyukur

Rasa syukur adalah cara terbaik untuk menemukan kedamaian diri. Menjadi individu yang penuh syukur atas semua hal yang diterima selama ini akan membuat Anda menyadari tentang segala hal positif dalam hidup, dan hal ini akan memengaruhi persepsi seseorang tentang hidup itu. Diyakini bahwa individu yang selalu bersyukur menyadari adanya tantangan kehidupan namun memilih untuk tidak terlalu fokus pada hal tersebut. Mereka fokus pada apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut namun jika tidak dapat diatasi maka tantangan itu akan menjadi pelajaran berharga dalam hidupnya.

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami.

Related Posts