Pentingnya Terhubung Kembali dengan Alam
Wellness Coaching

Pentingnya Terhubung Kembali dengan Alam

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Alam adalah ciptaan Tuhan yang sangat menakjubkan. Alam adalah baik bagi kita sebagai manusia. Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa kedekatan dengan alam meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk kesejahteraan dan kebahagiaan di dalamnya.

Secara sederhana, alam merupakan konsep yang baik bagi manusia karena manusia juga merupakan bagian dari alam. Manusia adalah ciptaan Tuhan yang berevolusi di dunia yang alami ini namun keterikatan dengan alam seringkali dilupakan dan diabaikan begitu saja. Manusia kerap lupa bahwa mengetahui dan merasakan keterhubungan dengan alam bisa memberikan keuntungan besar bagi kesehatan tubuh.

Terhubung kembali dengan alam adalah penting terkait dengan perilaku yang mendukung kelestarian alam yang akan menguntungkan bagi manusia juga dunia alam yang luas. Bagaimana cara kita terhubung kembali dengan alam setelah sekian lama sibuk dengan berbagai aktifitas melelahkan?

Caranya sederhana saja yaitu cara yang bisa dilakukan oleh kita semua setiap hari. Salah satunya adalah “mendengar” dan memperhatikan suara burung bernyanyi di pagi hari ketika matahari muncul untuk menyinari kehidupan di Bumi. Berapa kali Anda memperhatikan cuitan burung di pagi hari, atau kapan terakhir kali Anda mendengar suara kokok ayam jantan membangunkan kita semua dan menyongsong matahari? Sebuah pengingat yang sederhana namun kerap terlupakan.

Baca juga 7 Dimensi Wellness yang Anda Perlu Ketahui

Pernahkah Anda memperhatikan suasana sore yang begitu menenangkan dihiasi semburat senja di ufuk barat? Jika Anda pernah merasakan sensasi bahagia dalam suasana senja, mungkin saat ini Anda belum pernah merasakannya lagi.

Cobalah mengingat kembali sensasi tersebut dengan melihat dan menikmati langit senja yang menyenangkan jika Anda menemukannya suatu saat nanti. Jika Anda bisa melakukannya maka Anda akan mengucap syukur tak terhingga atas semua kehidupan yang Anda dapatkan hingga saat ini. Betapa alam ciptaan Tuhan begitu indah dan memberikan banyak manfaat bagi manusia.

Keterhubungan dengan alam akan meningkatkan kesehatan Anda khususnya secara psikologis, ini benar adanya. Ada banyak bukti yang memperlihatkan bahwa alam adalah baik bagi manusia, tapi bagaimana alam memberi dampak pada aspek emosi, tubuh, dan kesejahteraan manusia?

Untuk bisa memahami manfaat alam maka kita harus memahami aspek emosional dan sisi psikologis yang melatarbelakangi emosi tersebut. Ada tiga dimensi emosi dan bukti penyokongnya yang menunjukkan bagaimana alam mempengaruhi emosi dan perasaan manusia.

Tiga dimensi tersebut yaitu manusia bisa mengalami ancaman, dorongan dan kepuasan dalam dirinya. Setiap dimensi memunculkan perasaan berbeda (misalnya gelisah, gembira, tenang) dan motivasi berbeda (menghindar, mengejar, diam), dimana masing-masing dimensi terkait dengan hormon di dalam tubuh manusia.

Untuk kesejahteraan, manusia memerlukan keseimbangan antara ketiga dimensi tersebut. Kebahagiaan dan kepuasan tercipta melalui keseimbangan ancaman, dorongan, dan kepuasaan. Contohnya, ketika respon ancaman terlalu aktif maka muncul akibat dari ketidakseimbangan itu di tempat kerja, misalnya emosi positif Anda menjadi berkurang sehingga Anda menjadi gelisah atau depresi.

Ada konsep keterhubungan dengan alam di Jepang yang dinamakan Shinrin-yoku atau forest bathing atau mandi alam. Konsep ini memperlihatkan bagaimana tubuh bereaksi saat terbenam dalam alam dan terbenam dalam lingkungan perkotaan.

Hasil analisa membuktikan bahwa bersatu dengan alam memunculkan ketenangan dan mengaktifasi sistem saraf parasimpatetik yang terkait dengan kepuasan dalam diri. Sedangkan lingkungan perkotaan menstimulasi sistem saraf simpatetik terkait dengan dorongan dan ancaman.

Ancaman, dorongan dan kepuasaan, dan keterhubungan dengan pikiran dan tubuh manusia sebenarnya mudah dipahami dalam konteks kehidupan sehari-hari. Contohnya mudah, misalnya ketika Anda memandang keindahan alam (dalam bentuk lukisan landscape atau video) maka sirkuit tertentu di dalam otak akan teraktifasi dengan dopamin dan memberikan rasa semangat, kegembiraan dan energi baru yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk mencapai tujuan hidup Anda.

Maka, tidak ada ruginya terhubung kembali dengan alam, karena alam adalah baik dan kita merupakan bagian dari alam itu sendiri.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts