Terapi Alam untuk Kesehatan Jiwa
Wellness Coaching

Terapi Alam untuk Kesehatan Jiwa

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Semua orang tahu bahwa udara segar itu baik. Tapi tahukah Anda bahwa berolahraga di alam memberi hasil yang lebih efektif daripada olahraga di dalam ruangan? Tahukah Anda bahwa kebun dementia bisa meningkatkan kekuatan memori otak? Atau tahukah Anda bahwa orang dengan PTSD atau ADHD bisa lebih sehat dengan keterlibatan dengan alam?

Terapi alam menggambarkan sebuah ide untuk menyembuhkan gangguan mental dan fisik dengan cara melebur diri dengan alam. Banyak dari kita seringkali beralasan tidak bisa menghabiskan banyak waktu di alam karena faktor kesibukan padahal alam bisa membantu membuat tubuh kita lebih sehat.

Menghabiskan waktu di luar ruangan bis ameningkatkan kesehatan mental dimana kita bisa mengembangkan cara berinteraksi dengan alam. Hal-hal yang bisa dilakukan sebenarnya sederhana namun dalam praktiknya cukup sulit, seperti berjalan santai, meditasi, juga melatih kesadaran.

Dengan menghabiskan waktu beberapa jam di luar ruangan bisa membantu tubuh memperlambat degenerasi sel dan proliferasi radikal bebas dalam tubuh. Ada satu mekanisme yang disebut Phytoncides dimana mekanisme ini bisa mengurangi keberadaan sel jahat dalam tubuh ketika kita berada di luar ruangan.

Baca juga Pentingnya Terhubung Kembali dengan Alam

Mekanisme ini layaknya aromaterapi yang dipancarkan oleh pepohonan dengan aroma segar seperti jeruk dan pinus. Phytoncides merupakan senyawa aktif yang berfungsi seperti makanan super yang diperlukan tubuh.

Tekanan darah adalah satu hal yang terdampak secara langsung dari kegiatan berjalan-jalan di luar ruangan. Setelah berjalan kaki santai selama beberapa waktu di alam maka tekanan darah akan turun. Seperti yang kita tahu, tekanan darah tinggi terkait dengan kesehatan yang negatif dari penyakit cardiovascular seperti stroke, kegelisahan dan juga stres. Jelas sudah bahwa mengurangi tekanan darah akan meningkatkan kesehatan, bahkan disebutkan mereka yang memiliki tekanan darah rendah bisa hidup lebih lama.

Terapi alam juga bisa meningkatkan oksigenasi, yaitu sebuah mekanisme lain untuk membantu kita memahami hal-hal apa saja yang begitu bermanfaat dari alam bagi manusia. Kita semua tahu bahwa pepohonan mengurangi karbondioksida dan meningkatkan oksigen. Lahan hutan yang luas dengan pepohonan yang rimbun tentu mengandung konsetrasi oksigen tinggi yang memberi keuntungan bagi manusia.

Ketika Anda berjalan atau mendaki di temat dengan konsentrasi oksigen tinggi maka Anda belajar meningkatkan pernapasan untuk memulihkan tubuh yang lelah dengan cara luar biasa. Menghirup oksigen segar memberi kita perasaan tenang dan sejahtera. Anda bisa membuktikannya langsung dengan menghirup udara segar di area pegunungan.

Salah satu manfaat lain dari terapi alam adalah kortisol, yaitu penanda stres hormonal yang menyebabkan serangkaian respon fisik dalam tubuh. Peran kortisol dalam tubuh sangat kuat karena bisa memengaruhi suasana hati, perilaku, dan bahkan cara kita menyimpan lemak.

Ketika kortisol dikandung secara berlebihan di dalam tubuh maka akan menyebabkan gangguan, kesusahan dan penyakit. Sains juga menyebutkan bahwa meningkatkan endorfin dan menurunkan kadar kortisol dengan melakukan banyak aktifitas di luar ruangan secara sadar. Maksudnya, dengan niat bahwa kita melakukan aktifitas itu untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Sesekali atau menjadwalkan secara rutin untuk menjauh sejenak dari teknologi dan memasukkan kelima indera kita dalam pengalaman subversif adalah baik. Ketika Anda mempraktikkan kesadaran di luar ruangan, Anda akan secara sadar memperhatikan semilir angin yang menyapa tubuh, suara dedaunan yang jatuh dari pepohonan, aroma tanah basah yang subur, sensasi hari yang berbeda dengan keringat yang membasahi tubuh dan visual alam yang menggetarkan hati.

Jika Anda belum pernah mencoba hal seperti itu, cobalah. Tenggelamkan diri di alam, maka Anda akan merasakan nikmat hidup tiada tara dan membangkitkan rasa syukur tak terhingga atas perjalanan hidup yang sudah Anda lalui hingga saat ini.

Raih hidup sehat, bahagia dan seimbang dengan bantuan Wellness Coach kami.

Related Posts