Tidak Pernah Terlambat untuk Berganti Karir
Career Coaching

Tidak Pernah Terlambat untuk Berganti Karir

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Mungkin memang tidak pernah nyaman untuk beralih karir -kenapa harus mengambil risiko keluar dari zona nyaman? Namun sebenarnya, banyak orang sukses di dunia yang tidak memulai karir di bidang yang diinginkannya. Mereka yang sukses seperti Victoria Beckham, Chelsea Clinton, atau Nora Ephron mengalami banyak naik turun dalam perjalanan karirnya dan mereka berani untuk berbelok arah yang membawa mereka dalam kondisi terbaik hari ini.

Jika mereka bisa maka Anda juga bisa melakukannya. Inilah 10 alasan mengapa tidak ada kata terlambat untuk berubah haluan dalam karir:

1. Anda memiliki skill lebih

Anda sudah melalui sekian tahun mendapatkan keahlian yang luar biasa. Skill itu mungkin saja didapatkan dari pengalaman Anda saat menjadi relawan, saat bermain kartu bersama keluarga, atau keahlian lain yang didapatkan dari tempat kerja. Ketika datang karir baru, maka keahlian lama bisa ditransfer ke yang baru sehingga Anda bisa percaya diri menggenggam keahlian yang Anda punya.

2. Anda percaya diri

Berganti-ganti pekerjaan saat muda memunculkan kesan bahwa Anda melakukan perjalanan hidup tanpa list, berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa alasan yang jelas. Perubahan karir di usia matang tidak menimbulkan kesan seperti itu. Anda sudah tahu apa yang Anda inginkan dalam hidup dan karir Anda akan membawa Anda ke tujuan yang ada dalam rencana besar.

3. Anda menambah pengetahuan

Kita menambah pengetahuan dan pengalaman dari segala hal yang kita lakukan. Anda mungkin bisa mencari lebih banyak ilmu yang tidak dapat ditawarkan oleh pekerjaan Anda hari ini. Perubahan karir bisa menjadi pendorong semangat bagi Anda.

Baca juga Menjadi Produktif, Lakukan Satu Tugas Berarti Setiap Hari

4. Anda bisa mendapat pemasukan lebih

Anda mungkin akan tiba di suatu titik dimana Anda membutuhkan dukungan keuangan yang lebih banyak. Karir yang baru bisa meningkatkan pemasukan dan Anda bisa mendapatkan keinginan Anda.

5. Memperluas wawasan

Terkadang, berganti karir bukan hany atentang mendapat pemasukan lebih atau mendapat ilmu lain, namun tentang mendapatkan pengalaman baru. Anda mungkin merasa stagnan dalam pekerjaan dan membutuhkan perubahan. Tantangan dari pekerjaan baru dapat membuat kesehatan mental Anda terjaga.

6. Memenuhi kebutuhan

Maslow menyebutkan dalam bukunya “A Theory of Human Motivation” bahwa ada lima level kebutuhan yang muncul di level rendah sebelum mencapai level atas, yaitu:

- Fisiologis

- Keamanan

- Kepemilikan dan cinta

- Kepercayaan diri

- Aktualisasi diri

Seiring bertambahnya usia, kita mulai bekerja di level atas personal growth. Beralih karir mungkin diperlukan untuk mendapat sukses lebih besar dalam personal growth menuju aktualisasi diri.

7. Kurangi stres yang toksik

Terkadang kita bergerak maju dan meninggalkan sesuatu. Pekerjaan sekarang mungkin menjadi rumit akibat dari lingkungan yang toksik. Pada akhirnya, kita menyadari bahwa bertahan tidaklah layak dibandingkan dengan dampaknya dimana kita justru bisa mencapai sukses di tempat lain.

8. Peluang bertumbuh

Seringkali rumput tetangga lebih hijau daripada kebun kita. Anda bisa jadi melewatkan peluang yang menawarkan hal lebih baik dibandingkan pekerjaan sekarang yang sedang dilakoni.

9. Memegang kendali

Hidup terkadang terasa lepas kendali dan karir kita bisa menjadi tambahan poin yang mengganggu, oleh sebab itu menemukan pekerjaan baru bisa menjadi langkah awal untuk mengendalikan hidup kita.

10. You need to slow down

Meskipun kita sangat mencintai pekerjaan kita namun terkadang tidak mengijinkan fleksibilitas yang kita inginkan. Anda mungkin harus berjalan perlahan atau mengurangi pekerjaan yang ada. Pekerjaan baru bisa jadi menawarkan fleksibilitas yang berbeda dan Anda butuhkan.

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami.

Related Posts