6 Jenis Kepribadian dan Dampaknya Terhadap Karir
Career Coaching

6 Jenis Kepribadian dan Dampaknya Terhadap Karir

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Ketahuilah bahwa rata-rata orang akan menjadi lebih bahagia dan produktif ketika melakukan pekerjaan yang sesuai dengan kepribadiannya. John holland, seorang peneliti dari The Holland Codes meyakini bahwa tipe kepribadian tertentu akan optimal bekerja dengan pekerjaan yang tidak hanya memanfaatkan kekuatannya tetapi juga sesuai dengan kemampuan terbaiknya.  

Ada enam kategori kunci yang menentukan tipe pekerja modern terkait dengan ketertarikan pada jenis karir dan lingkungan yang sesuai dengan kepribadian tertentu dimana hal ini mengarah pada kepuasaan dalam pekerjaan dan performanya. Dengan mengetahui jenis kepribadian ini maka seorang manajer bisa menciptakan tim atau memperkerjakan seseorang yang menguntungkan bagi banyak orang dalam lingkungan pekerjaan.

Berikut 6 jenis kepribadian dan dampaknya terhadap karir yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memperkerjakan seseorang:

1. Realistik (Doer)

Kepribadian ini terefleksikan dalam diri individu yang senang bekerja menggunakan tangannya, misalnya dengan menciptakan sesuatu atau memperbaiki sesuatu yang berkaitan dengan peralatan dan pengoperasian alat. Mereka biasanya lebih senang bekerja di luar ruangan dan bahagia bekerja menggunakan alat manual seperti mesin atau peralatan menggambar mekanis.

Baca juga Cara Meraih Keseimbangan dalam Pekerjaan dan Hidup

2. Investigatif (Thinker)

Tipe ini adalah kepribadian yang paling analitis dari enam tipe berbeda. Individu yang memiliki tipe kepribadian ini bukan seorang negosiator tapi senang belajar menyelesaikan sebuah permasalahan yang berkaitan dengan hitungan atau sains. Individu ini melihat diri mereka intelektual dan senang dikenal karena pencapaian yang mereka raih.

3. Artistik (Creator)

Tipe kepribadian ini menghargai orang lain yang ekspresif dan mandiri. Secara alami mereka mengagumi seni kreatif termasuk musik dan tulisan. Individu tipe ini melihat diri mereka ekspresif dan orisinil dan lebih suka menghindari aktifitas yang berulang atau rutin. Mereka senang bekerja dalam kelompok yang mengijinkannya berekspresi dengan bebas dan didorong untuk membagikan ide atau gagasannya.

4. Sosial (Helper)

Tipe kepribadian ini senang mendominasi di lingkungannya. Tipe ini tipe yang paling banyak ditemui di masyarakat. Biasanya individu tipe ini menghargai pelayanan baik untuk orang lain dan senang bekerja dekat dengan orang lain. Kondisi kerja ideal bagi mereka adalah bersama orang-orang yang bisa dipercaya penuh, suka menolong dan menunjukkan rasa saling menghargai.

5. Enterprise (Persuader)

Individu tipe ini senang memimpin dan membujuk orang lain dimana merek amelihat dirinya sebagai individu yang berjiwa sosial dan ambisius, dan mampu menjadi pemimpin dalam suatu kelompok. Mereka biasany amenghindari bertemu dengan orang yang terlalu scientific dan analitis, namun bisa bekerja baik dalam tim.

6. Konvensional (Organizer)

Individu tipe ini senang bekerja dengan angka, catatan atau mesin. Mereka senang bekerja dengan tugas berulang dan teratur dan menghindari aktifitas yang ambigu. Merea termasuk orang yang rapi, teratur dan bisa diandalkan dalam mengikuti arahan. Mereka menghargai kesuksesan dalam bisnis dan senang bekerja dengan tim atau grup kecil dimana mereka lebih tahu dan yakin dengan tanggungjawabnya.

Dengan mengetahui enam jenis kepribadian di atas, Anda akan tahu bagaimana mengoptimalkan orang dengan kepribadian berbeda dan memberi dampak pada lingkungan kerja menjadi lebih baik dan produktif. Jadi, Anda termasuk dalam kepribadian yang mana?

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami.

Related Posts