Individu Tangguh Mampu Atasi Masa Sulit
Life Coaching

Individu Tangguh Mampu Atasi Masa Sulit

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Menjadi manusia tangguh artinya mampu beradaptasi dengan kemunduran dan ketidakberuntungan dalam hidup. Ketika sesuatu hal berubah menjadi salah, apakah Anda cenderung mundur atau pecah berantakan? Jika seseorang memiliki ketangguhan, kekuatan dalam dirinya akan membantu mengatasi kemunduran atau tantangan tersebut, misalnya kehilangan pekerjaan, sakit keras, atau kehilangan orang yang disayangi.

Jika Anda tidak memiliki ketangguhan dalam diri, Anda mungkin akan tenggelam dalam permasalahan tersebut, merasa menjadi korban, depresi, atau bahkan memilih untuk mengatasi masalah dengan obat terlarang, gangguang pola makan, atau perilaku yang mengkhawatirkan.

Ketangguhan tidak akan menyingkirkan masalah Anda, tetapi ketangguhan akan memberi Anda kemampuan untuk memandang masalah dengan baik dan melaluinya, menemukan kesenangan dalam hidup dan mampu mengelola stress dengan lebih baik. Jika Anda tidak setangguh yang Anda kira, maka Anda bisa membangun dan mempelajari kemampuan ini untuk menjadi manusia yang lebih tangguh lagi.

Baca juga Cara Mengubah Kebiasaan Buruk

Adaptasi pada kesulitan

Ketangguhan merupakan kemampuan untuk beradaptasi pada situasi sulit. Saat stress, muncul kesulitan atau trauma tertentu, Anda akan mengalami rasa marah, sedih atau sakit, tetapi Anda akan tetap bisa berfungsi baiks ecara fisik ataupun psikologis. Namun, ketangguhan bukan hanya tentang sabar, tabah, atau mengatasinya sendirian. Selain itu, menjadi tangguh adalah mampu menjangkau orang lain untuk mendapatkan dukungan. Itulah kunci dari ketangguhan.

Ketangguhan dan kesehatan mental

Ketangguhan dapat melindungi Anda dari berbagai kondisi kesehatan mental, seperti depresi atau kecemasan berlebihan. Ketangguhan juga dapat membantu mengimbangi faktor-faktor yang mampu meningkatkan risiko kondisi kesehatan mental, seperti perundungan ataupun trauma masa lalu. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan mental tertentu hari ini, maka menjadi tangguh akan mampu meningkatkan kemampuan Anda untuk bertahan.

Tips meningkatkan ketangguhan dalam diri

Jika Anda ingin menjadi individu yang lebih tangguh, Anda mungkin ingin mempertimbangkan tips berikut ini:

1. Keterhubungan

Memiliki hubungan batin yang kuat dengan pasangan atau sahabat akan memberi Anda dukungan, bimbingan, dan penerimaan yang dibutuhkan oleh Anda, baik dalam situasi baik ataupun buruk. Anda bisa juga bergabung dengan komunitas yang mampu memeluk dan mendukung Anda dengan baik.

2. Jadikan setiap hari penuh arti

Lakukan sesuatu yang mampu memberikan rasa pencapaian dan penuh arti setiap harinya. Buat rencana dengan jelas, capai goal atau target yang akan membantu Anda melangkah menuju hari esok dengan penuh makna.

3. Belajar dari pengalaman

Anda bisa mengingat kembali bagaimana Anda bisa mengatasi berbagai kesulitan di masa lalu. Pertimbangkan keahlian dan strategi yang membawa Anda melalui masa sulit dengan baik. Anda boleh saja menuliskannya dalam jurnal pribadi agar bisa mengenali pola perilaku baik dan buruk yang mampu membimbing Anda menjadi individu yang lebih baik lagi.

4. Selalu ada harapan

Anda tidak bisa mengubah masa lalu, tetapi Anda bisa selalu menatap masa depan. Menerima atau bahkan mengantisipasi perubahan akan membuat Anda lebih mudah beradaptasi dan memandang tantangan baru dengan sedikit rasa khawatir.

5. Sayangi diri sendiri

Beri perhatian pada kebutuhan dan perasaan diri Anda sendiri. Lakukan hobi yang Anda sukai, termasuk kegiatan fisik dalam keseharian Anda. Tidur yang cukup dan ciptakan ritual sebelum tidur dengan konsisten. Konsumsi makanan yang sehat. Berlatih mengelola stress dan teknik relaksasi seperti yoga, meditasi, olah napas, atau berdoa.

6. Proaktif

Jangan mengabaikan masalah Anda. Sebaliknya, cari tahu apa yang harus Anda lakukan, buatlah rencana, dan ambil tindakan. Meski memerlukan waktu untuk bangkit dari keterpurukan, namun situasi akan berubah jika Anda bisa mengatasi dan mengambil tindakan pasti dengan baik dan tepat.

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami.

Related Posts