Membuat Keputusan : Susah atau Mudah?
Career Coaching

Membuat Keputusan : Susah atau Mudah?




Buat saya, kemampuan membuat keputusan adalah soft skill yang sungguh menantang. Semula saya berpikir bahwa kemampuan ini akan diperlukan pada saat saya sudah ada di posisi yang tinggi atau terlibat dalam management operasional perusahaan. Namun, pada praktiknya semua orang apapun posisi dan jabatannya perlu memiliki kemampuan untuk membuat keputusan. 

Belajar dari pengalaman, pengambilan keputusan membutuhkan informasi yang mendalam dan menyeluruh untuk memahami masalah secara komprehensive. Take your time. Keputusan yang diambil terburu buru tanpa pertimbangan matang dapat memicu permasalahan yang baru. Jangan sungkan untuk bertanya demi membuat keputusan yang baik, benar dan bijaksana. 

Baca juga Cara Meraih Keseimbangan dalam Pekerjaan dan Hidup

Setiap kali membuat keputusan, pertimbangkan juga resiko terburuk yang mungkin timbul. Buat simulasi atas dampak yang akan terjadi dan bagaimana cara mengatasinya. Ada baiknya jika kita mempersiapkan beberapa skenario risiko, prediksi dampak dan cara mengatasinya. 

Tantangan berikutnya yang tidak kalah seru adalah: apakah kita berani bertanggung jawab dan menanggung risiko atas keputusan yang dibuat. Pada banyak kasus, orang tidak mau menanggung risiko,  memilih untuk menunda mengambil keputusan, dan yang terjadi adalah problem menjadi semakin besar dan bisa jadi bom waktu. 

Sampai hari ini, saya masih terus belajar membuat keputusan yang bijaksana. Setiap masalah punya dimensi yang berbeda sehingga risiko dan dampak yang muncul juga berbeda.

"You can not make progress without making decision. - Jim Rohn. 

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami.

{$detail->author->name}}
Budiastuti, CEC

Career & Leadership Coach Check the profile at https://visecoach.com/budiastuti

Related Posts