Menemukan Karir Ideal Sesuai Impian
Career Coaching

Menemukan Karir Ideal Sesuai Impian

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Pernahkah Anda berpikir untuk berganti pekerjaan atau merasa seperti terperangkap dalam pekerjaan yang tidak menyenangkan namun harus terus dijalani? Tak hanya Anda, tapi banyak orang juga pernah merasakan hal sama.  Karena sebagian besar waktu kita dihabiskan di tempat kerja, bepergian dari dan ke tempat kerja, sudah pasti bekerja memainkan peran besar dalam keseharian Anda.

Jika merasa bosan atau tidak puas dengan cara Anda menghabiskan sebagian besar waktu dalam satu hari maka hal itu akan mengganggu kesehatan mental dan fisik. Anda akan merasa lelah dan frustasi, gelisah, depresi, atau tidak dapat menikmati waktu di rumah tanpa memikirkan pekerjaan yang akan dihadapi esok.

Berada dalam situasi yang menguras konsentrasi dalam waktu lama untuk satu tugas tertentu yang membosankan dan berulang-ulang akan menyebabkan kadar stress tinggi. Terlebih lagi, jika Anda merasa pekerjaan yang dilakukan tidak memiliki arti maka akan sulit untuk mengerahkan antusiasme demi mencapai karir yang lebih baik.

Baca juga Mengubah Persepsi Mengenai Pekerjaan

Jadi bagaimana caranya meraih kepuasan dan arti dalam pekerjaan? Anda bisa memilih atau mengganti karir sekarang dengan mengerjakan sesuatu yang Anda cintai dan senangi. Atau, Anda bisa menemukan tujuan dan kegembiraan dalam pekerjaan yang tidak Anda sukai. Apapun situasi yang sedang dihadapi sekarang, tips di bawah ini mungkin bisa membantu Anda menemukan karir yang ideal.

Temukan nilai pekerjaan

Cobalah untuk menemukan nilai dalam peran yang Anda jalankan sekarang. Meski dalam pekerjaan yang membosankan Anda masih bisa membantu orang lain dengan jabatan yang dimiliki. Usahakan untuk fokus pada aspek pekerjaan yang Anda sukai meski hanya sekadar bercakap-cakap dengan rekan kerja saat makan siang. Mengubah sikap terhadap pekerjaan Anda akan membantu kembali meraih tujuan dan pengendalian diri.

Temukan keseimbangan hidup

Jika karir pekerjaan yang ada sekarang bukanlah yang Anda inginkan, maka cobalah untuk menemukan arti dan kepuasaan di tempat lain: misalnya di keluarga, hobi, atau kegembiraan yang bisa ditemukan seusai kerja.

Ingatlah untuk terus bersyukur atas pekerjaan yang dimiliki sekarang karena dengan pekerjaan ini Anda bisa membayar tagihan dan cobalah untuk fokus pada bagian hidup yang membuat Anda gembira. Berlibur atau menunggu waktu akhir pekan untuk melakukanaktifitas yang Anda sukai akan membuat Anda semangat dalam bekerja.

Menjadi sukarelawan

Mencoba menjadi sukarelawan di dalam atau di luar pekerjaan. Setiap atasan akan menghargai karyawan yang sukarela berpartisipasi dalam proyek baru. Mencoba mengerjakan tugas baru dan mempelajari keahlian baru bisa membantu mengatasi kebosanan dan bisa meningkatkan kualitas riwayat pekerjaan Anda. Menjadi sukarelawan di luar pekerjaan bisa meningkatkan kepercayaan diri, menjauhkan depresi, dan bahkan bisa menambah pengalaman kerja yang bernilai.

Berteman baik dengan rekan kerja

Berteman dengan baik di tempat kerja bisa mengurangi tingkat kebosanan dan kelelahan. Bisa bercakap-cakap dan bercanda dengan rekan sepanjang hari kerja bisa membantu mengurangi kadar stress atas pekerjaan yang belum terselesaikan, meningkatkan performa kerja dan membantu Anda melalui hari yang sulit di kantor.

Memang bukan hal mudah menemukan karir yang ideal dan Anda bisa mempertimbangkan tips di atas sebelum memutuskan untuk berganti pekerjaan. Meski mimpi akan karir yang ideal belum bisa dicapai saat ini tetapi memiliki rencana untuk masa depan akan menambah energi dan harapan Anda agar bisa mengatasi kesulitan-kesulitan yang muncul saat ini.

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami.

Related Posts