Relationship Coaching: Apa dan Bagaimana?
Love Coaching

Relationship Coaching: Apa dan Bagaimana?

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Relationship Coaching merupakan area coaching yang secara khusus berperan membantu orang untuk mencapai tujuan besar dalam sebuah hubungan pribadi.

Seorang coach di area ini bisa membantu Anda memetakan tujuan hubungan, memahami hubungan yang sedang dilakoni, perkembangan dalam sebuah pernikahan, kesedihan karena kehilangan orang tersayang, atau membawa hubungan romantis Anda ke tingkat berikutnya.

Coach yang mengkhususkan diri di area relationship coaching biasanya sudah memiliki pengalaman dan pelatihan dalam beragam dinamika hubungan, mulai dari hubungan romantis hingga hubungan keluarga dan hubungan pertemanan.

Bagi beberapa coach, mereka tidak selalu harus mengambil peran untuk bekerja bersama dua belah pihak –  pihak pria dan wanita dalam hubungan tersebut. Relationship coaching membantu klien melepaskan pikiran-pikiran yang menyakitkan dan menciptakan sebuah visi hubungan versi mereka sendiri. Artinya, seorang klien bisa mendapatkan kepuasan dalam sebuah hubungan meski tanpa partisipasi rekannya dalam proses coaching ini.

Relationship Coaching bagi para lajang

Relationship coach juga bisa bekerja bersama orang-orang yang belum berada dalam sebuah hubungan. Mereka akan membantu individu lajang yang memiliki riwayat hubungan bermasalah, yang merasa kesulitan memetakan apa yang diinginkan dalam sebuah hubungan, atau hanya ingin berada di jalur yang tepat sesuai rencana mereka untuk menemukan koneksi yang lebih dalam bersama seseorang.

Bisa juga relationship coach ini bertemu dengan kedua pasangan dan mengajarkan cara berkomunikasi, membuat resolusi konflik dan alat bantu pelatihan lain yang berguna bagi pasangan.

Para Coach di area ini, sama seperti di area kehidupan lainnya, mengajak orang yang sehat mencapai performa terbaiknya. Seorang relationship coach bisa membantu Anda dengan cepat menemukan esensi tentang apa yang Anda inginkan dalam sebuah hubungan kerjasama, memandu Anda melewati isu-isu menyakitkan, dan menciptakan zona aman saat Anda menghadapi ketakutan dan menemukan keinginan sejati Anda.

Baca juga 7 Kebiasaan Positif untuk Hubungan Ideal.

Apa yang dilakukan oleh seorang Relationship Coach?

Coach di area ini bekerja bersama para lajang dan pasangan. Sama seperti coach lain, disini coach membantu orang yang berniat untuk membangun kualitas hidup terbaiknya. Mereka membantu klien mengidentifikasi dan mencapai tujuan, termasuk di ranah relationship.

Coach bekerja bersama pasangan dalam keahlian berkomunikasi dan menetapkan strategi juga resolusi sebuah konflik. Para Coach bisa membantu klien melihat ke dalam dirinya sendiri dan menemukan esensi sejati yang mereka cari dalam sebuah hubungan kencan atau hubungan jangka panjang.

Apakah Relationship Coaching sama dengan Couples Therapy?

Relationship Coaching bukan “Couples Therapy”, sama halnya dengan Life Coaching bukanlah psikoterapi. Jika seorang terapis adalah dokter bedah, maka Coach adalah pelatih atau pemberdaya potensi.

Jika Anda mendapat kesulitan dalam sebuah hubungan, seorang relationship coach bisa membantu menjernihkan pikiran Anda, melihat dari sudut pandang lain atau menetapkan tujuan baru yang inspiratif. Namun, dalam permasalahan penyakit mental yang melemahkan maka disarankan untuk melakukan Couples Therapy.

Sebaliknya, bila ada trauma masa kecil yang belum sembuh, relationship coach akan menyarankan Anda untuk bertemu dengan terapis yang khusus menangani masalah trauma masa lalu.

Tidak seperti terapi, sesi relationship coaching jarang sekali meminta Anda menceritakan kisah masa kecil, namun jika diceritakan pun hal itu bisa membantu Anda menemukan rasa damai di saat ini.

Tujuan dari relationship coaching bukan pada mengorek-ngorek kehidupan pribadi, namun untuk membantu Anda membangun visi yang jelas tentang kehidupan hubungan yang diinginkan. Bila ada hambatan mental, itupun akan dibicarakan bersama.

Wujudkan hubungan berpasangan yang ideal dengan bantuan Relationship Coach kami. 

Related Posts