Semua Orang Bisa Menjadi yang Terbaik
Self-Growth Coaching

Semua Orang Bisa Menjadi yang Terbaik


Ada satu konsep yang dikenal dengan nama Jendela Johari –sederhananya, teori ini berfokus kepada pemisahan dua hal dimana yang satu sudah kita sadari dan yang kedua belum kita sadari.

Ini menarik.

Untuk hal yang belum disadari, seringkali sebenarnya kita sudah tahu sebelumnya namun kita belum sadar terhadap kegunaan dan fungsinya. Bisa jadi, hal-hal itulah yang bisa membawa perubahan hidup dan membantu kita meraih target di bidang apapun.

Satu konsep lain yang sudah dikenal adalah Kurva Perubahan. Konsep ini memberikan empat fase kritikal yang harus dilalui dalam suatu perubahan: Denial – Doubt – Exploration – Acceptance. Kalau dilihat bahwa yang abadi di dunia ini adalah perubahan, mau tidak mau, fase fase tersebut pastinya akan kita alami.

Baca juga Cara Pendekatan Sehat untuk Pengembangan Diri

Apa artinya untuk kita semua?

Kita harus selalu siap untuk menjalani perubahan. Kita juga harus terus mengeksplorasi diri dalam mengelola dan menavigasi semua perubahan. Berikan fokus lebih untuk mengelola pemikiran kita terhadap hal-hal yang sudah kita ketahui tersebut. Lebih menariknya lagi, hanya dengan satu pertanyaan kunci untuk mendorong kita menjadi sadar dan berkomitmen terhadap perubahan.

Tentunya bisa menjadi sulit untuk menjalani perubahan itu sendiri. Jadi, carilah orang-orang yang bisa kita percaya untuk menjadi teman diskusi. Orang tua, saudara, sepupu, kakak, adik atau bahkan orang lain seperti guru, dosen, konsultan, coach atau mentor. Gratis atau berbayar, semuanya kembali kepada kita. Namun jangan jadikan ini sebagai halangan untuk mencari teman diskusi tersebut.

Cheers, Atu.

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami.

{$detail->author->name}}
Atu Kusno Sabastian, CPC

Career Coach Check the profile at https://visecoach.com/atu-kusno-sabastian

Related Posts