Tips Sukses dalam Interview Kerja
Career Coaching

Tips Sukses dalam Interview Kerja

@DailyVisecoach
@DailyVisecoach

Interview atau wawancara kerja mungkin merupakan langkah terpenting dalam proses pencarian kerja Anda, yaitu sebuah peluang terbaik untuk menunjukkan pada calon perusahaan bahwa Anda adalah individu yang tepat untuk posisi pekerjaan yang sedang dibutuhkan.

Untuk itu, Anda perlu tahu persiapan apa yang harus dilakukan sebelum memulai wawancara kerja, seperti berikut ini:

1. Memahami deskripsi pekerjaan

Jangan sampai Anda tidak melakukan persiapan ketika menerima panggilan wawancara kerja. Langkah pertama dalam proses persiapan adalah memahami deskripsi pekerjaan karena bisa jadi pekerjaan yang Anda lamar itu tidak sesuai dengan pendidikan Anda.

Kebanyakan deskripsi pekerjaan memiliki pola yang sama dan biasanya dikategorikan dalam poin-poin berikut:

1. Nama dan departemen

2. Tugas dan tanggung jawab

3. Keahlian yang dibutuhkan

Nama dan departemen akan memberi Anda pemahaman tentang posisi pekerjaan dan posisi yang tepat dalam organisasi, dimana hal ini akan membuat Anda mengetahui siapa manajer yang akan menjadi atasan Anda.

Baca juga 10 Skills di Era Revolusi Industri 4.0

Baca dan review deskripsi kerja secara menyeluruh dan pastikan Anda memiliki kompetensi keahlian yang sesuai dan diperlukan untuk pekerjaan tersebut.

2. Mencari tahu profil perusahaan secara menyeluruh

Perusahaan biasanya mencar orang yang memiliki nilai sama dengan budaya perusahaan. Mencari tahu profil perusahaan sebelum wawancara akan memberi Anda pencerahan tentang tujuan dan rencana perusahaa ke depannya sehingga Anda bisa menjadikan hal ini sebagai bahan diskusi terkait posisi yang Anda lamar.

3. Memilih pakaian yang sesuai

Memilih pakaian yang sesuai, rapi dan sopan akan menunjukkan pribadi Anda pada pewawancara, karena pakaian yang Anda kenakan merupakan cerminan diri Anda sendiri.

4. Merencanakan perjalanan menuju interview

Hal yang harus dipikirkan ketika akan menuju tempat wawancara adalah bagaimana Anda bisa sampai ke tempat tujuan. Rencanakan perjalanan dengan baik dengan mempertimbangkan lalu lintas, kemacetan, kondisi kendaraan yang akan digunakan, bahan bakar dan lainnya hingga Anda bisa tiba tepat waktu.

Akan lebih bagus lagi jika Anda sudah tiba di tempat 15 menit sebelum wawancara dimulai. Jangan lupa untuk tidur lebih awal karena bangun lebih pagi akan memberi Anda waktu lebih untuk persiapan yang baik.

5. Menyiapkan pertanyaan dan jawaban yang bakal muncul dalam wawancara

Dengan pengetahuan yang Anda miliki tentang profil perusahaan dan deskripsi pekerjaan maka Anda bisa menyiapkan beberapa pertanyaan untuk diajukan saat wawancara. Interaksi yang baik akan membuat Anda lebih profesional daripada Anda lebih banyak diam dan mengiyakan semua hal yang dijelaskan oleh pewawancara mengenai perusahaan dan pekerjaan yang sedang didiskusikan.

6. Tindak lanjut usai wawancara

Tidak ada salahnya untuk menindaklanjuti proses setelah wawancara selesai. Berikan waktu sau minggu untuk melihat apakah perusahaan memberi lampu hijau atau tidak. Anda bisa menghubungi departemen HR melalui telepon atau email untuk mencari tahu dan mendapat informasi apakah Anda diterima bekerja atau tidak.  

Diterima atau tidaknya Anda untuk sebuah pekerjaan tergantung pada performa Anda saat wawancara. Itulah sebabnya kesan pertama saat wawancara itu begitu penting. Bukan hanya tentang apa yang Anda lakukan, tetapi juga tentang apa yang Anda katakan dan bagaimana cara Anda mengatakannya.

Buat strategi masa depan karier Anda dengan bantuan Career Coach kami.

Related Posts