Jika Semuanya Tidak Pas!
Life Coaching

Jika Semuanya Tidak Pas!


Seseorang pernah curhat kepada saya mengenai kesulitan yang ia hadapi. Dalam curhatnya itu ia menjabarkan banyak hal tidak menyenangkan yang ia alami dari hari ke hari. Bukan hanya mengenai kejadian di rumah, tapi juga di tempat kerja dan kehidupan sosialnya.

Mendengarkan keluhan orang lain bukanlah hal yang menyenangkan. Tapi ada pelajaran berharga yang saya dapat dari bersabar mendengarkan keluhan tersebut. Yaitu mengenai fleksibelitas.

Kebanyakan orang yang mengeluh mengenai keadaan mereka, adalah orang yang kurang fleksibel dalam menjalani hidup. Kehidupan ini terus berubah dari waktu ke waktu. Dunia tidak menunggu orang untuk berubah. Sebagaimana musim yang tidak minta izin untuk bersemi.

Baca juga Seberapa Ingin

Orang-orang yang enggan berubah mengatakan kehidupan mereka sulit karena berbagai alasan. Namun kenyataanya pola pikir mereka seperti kubus yang ingin masuk ke dalam mulut gelas yang berbentuk bulat. Tidak akan pas! Dan mengeluh tidak akan membuatnya menjadi pas.

2600 tahun yang lalu Lao Tzu mengatakan. “Manusia seharusnya bersikap lentur.”

Manusia yang lentur bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dan keadaan. Bagi mereka yang fleksibel, keadaan yang tidak diduga atau diinginkan hanyalah sebuah wadah sementara. Bukan takdir sial. Keadaan memiliki periode untuk berubah. Tidak ada sebuah keadaan yang secara kontinu sama setiap waktu. Ada banyak hal yang bisa mengubah keadaan. Tapi hanya ada satu hal yang bisa mengubah keadaan seseorang, yaitu perspektif.

Orang yang memiliki perspektif yang luas tidak akan memaksa keadaan untuk sesuai dengan dirinya. Dia sendiri yang akan menyesuaikan diri agar menjadi pas!

Maksimalkan potensi diri Anda dengan bantuan Self-Growth Coach kami. 


{$detail->author->name}}
Abdillah Sanad, CPC

Mindset & Leadership Coach Check the profile at https://visecoach.com/abdillah-sanad

Related Posts